Ilustrasi menantu dan mertua
Relationship

5 Ciri Ibu Mertua yang Toxic dan Cara Mengatasinya

Aliftya Amarilisya
Jumat, 3 September 2021 - 16:43
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Ketika melangkah ke jenjang perkawinan, bukan pasangan saja yang sebetulnya Anda "nikahi", namun juga keluarganya.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui latar belakang keluarganya. Tak hanya itu, akan lebih baik pula jika Anda mengetahui sifat dari orangtua pasangan.

Jangan sampai, setelah menikah Anda baru menyadari bahwa ibu mertua Anda tidak suportif dan bahkan berperilaku bak racun kepada Anda. Di samping membuat sakit hati, sikap tersebut tentu bisa memengaruhi keharmonisan rumah tangga Anda.

Nah, berikut adalah ciri-ciri mertua toksik yang perlu diwaspadai dan cara menghadapinya.

1. Terlalu ikut campur dan tidak menghormati batasan Anda

Sesekali, orangtua yang mengomentari urusan rumah tangga anaknya sebetulnya wajar saja. Akan tetapi, jika sudah sampai ikut campur bahkan mendikte Anda, seperti dalam pengasuhan anak, tentu kurang bijak. Nah, agar hal tersebut tak berlarut-larut, ada baiknya Anda dan pasangan berbicara langsung ke mertua. Tegaskan bahwa kebiasaan dan keputusan rumah tangga adalah pilihan dan tanggung jawab Anda bersama pasangan.

2. Membicarakan hal buruk tentang Anda kepada orang lain

Tidak sedikit mertua yang ternyata gemar bergosip atau membicarakan kejelekan menantunya. Parahnya, banyak dari mereka yang bahkan tidak malu untuk menceritakan hal tersebut kepada orang lain di luar keluarganya.

Jika Anda cukup berani, Anda bisa langsung mengutarakan rasa keberatan tersebut kepada mertua. Ajak ia bicara baik-baik dan tegur secara halus bahwa hal tersebut tak bijak untuk dilakukan oleh seorang mertua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro