Bowen menjadi gejala kanker kulit.
Health

Mirip Eksim, Kenali Penyakit Bowen dan Gejala Awal Kanker Kulit

Annasa Rizki
Rabu, 8 September 2021 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit Bowen adalah kelainan kulit yang ditandai dengan munculnya bercak merah atau kecoklatan pada kulit yang bersisik dan terasa gatal. Penyakit ini, sekilas  mirip dengan eksim.

Gejala ini merupakan tanda awal kanker kulit. Namun, sel-sel kanker kulit hanya terbentuk di lapisan terluar. Penyakit ini dianggap tidak berbahaya dan dapat diobati. 

Bercak pada kulit penderita penyakit bowen terlihat mirip dengan penyakit kulit lain seperti eksim dan psoriasis. Maka sangat penting untuk memastikan diagnosisnya pada dokter.

Pengecekan dini untuk bercak kulit perlu dilakukan untuk mencegah terbentuknya kanker sel skuamosa pada kulit

Untuk mendiagnosa penyakit bowen memerlukan skrining medis secara lengkap mulai dari pemeriksaan fisik pada bercak hingga biopsi pada area yang terinfeksi. 

Periksa Diri Anda Di Rumah 

Mendiagnosis pasti penyakit bowen tidak dapat dilakukan sendiri di rumah, namun untuk mencegahnya dapat dilakukan beberapa hal. 

Anda bisa memeriksa kulit secara rutin dan memperhatikan apabila terdapat pertumbuhan sel yang abnormal serta munculnya ruam atau bercak. 

Ciri-ciri bercak pada penyakit bowen yaitu pertumbuhannya lambat, berwarna merah, merah mudah atau coklat, kulit bersisik, kering, dan kulit sedikit terangkat. 

gejala bowen kanker kulit
gejala bowen kanker kulit

Dalam kebanyakan kasus, gejala umum penyakit bowen adalah munculnya bercak tersebut. Namun pada beberapa pasien dapat disertai gatal pada sekitar spot bercak, terbentuk kutil, bercak terlihat terbelah, dan warnanya lebih gelap dari area kulit lain

Area kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti kulit kepala, wajah, leher, tangan, dan kaki memiliki kemungkinan munculnya bercak lebih tinggi. 

Selain itu, area kulit di bagian telapak tangan dan kaki, dan alat kelamin juga bisa muncul bercak. Namun kemungkinannya lebih sedikit. 

Kebanyakan pasien memiliki satu bagian kulit yang muncul bercak. Tetapi sekitar 10-20% pasien, bercak muncul di beberapa area. 

Penyakit bowen yang dapat berkembang menjadi kanker kulit seringkali disertai gejala tambahan. Apabila anda memiliki gejala tambahan ini, segera konsultasikan ke dokter. 

Perhatikan bercak apabila muncul bisul, pengerasan area kulit yang terinfeksi, serta benjolan yang lunak dan terkadang keluar darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro