Ilustrasi CT scan kanker prostat
Health

Para Pria, Berikut 7 Tips Gaya Hidup Cegah Kanker Prostat, Lakukan Sejak Muda

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 9 September 2021 - 08:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker prostat adalah salah satu kanker paling umum di kalangan pria.

Dr Shalabh Agrawal, ahli urologi di Rumah Sakit CK Birla, Gurgaon mengatakan prostat adalah bagian dari organ reproduksi pria yang berada di depan rektum. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan cairan yang memberi nutrisi dan melindungi sperma.

“Sering kali, kanker prostat diabaikan karena gejalanya termasuk kesulitan buang air kecil, sensasi terbakar saat buang air kecil dan peningkatan frekuensi buang air kecil. Pasien tidak memperhatikan gejala-gejala ini karena merupakan bagian normal dari penuaan,” katanya dilansir dari Indian Express.

Dokter mengatakan penting untuk mengikuti beberapa tips untuk mencegah kanker prostat berikut 7 tips yang bisa Anda lakukan :

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung likopen

Lycopene adalah antioksidan yang ditemukan dalam makanan yang berwarna merah. Tomat kaya akan likopen. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa likopen mencegah kerusakan DNA karena mengurangi pembentukan radikal bebas.

2. Tetap aktif

Tetap bugar dan bugar dapat mengurangi risiko kanker prostat. Olahraga seperti jogging, lari, bersepeda dan berenang tidak hanya bermanfaat untuk kebugaran fisik, tetapi juga dapat menurunkan risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membalikkan dan mencegah risiko perkembangan kanker.

3. Aktif secara seksual

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan langsung antara frekuensi ejakulasi dan kanker prostat. Pria yang lebih banyak ejakulasi memiliki peluang lebih kecil terkena kanker prostat - 21 ejakulasi per bulan ditemukan cukup untuk mengurangi risiko kanker prostat pada pria berusia 20-25. Penumpukan air mani dapat meningkatkan risiko kanker prostat dengan mengganggu fungsi prostat.

4. Memastikan diet sehat dengan lemak optimal

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, almond dan kenari bermanfaat dalam pencegahan kanker prostat. Mengganti lemak hewani dengan lemak nabati dapat memberikan manfaat tambahan karena protein hewani dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat.

5. Makan makanan yang mengandung Isoflavon

Isoflavon ditemukan dalam makanan seperti kedelai, kacang polong, lentil dan tahu. Prevalensi kanker prostat ditemukan rendah pada pria asal Asia karena asupan isoflavon mereka lebih tinggi.

6. Menghindari merokok

Merokok dikaitkan dengan kekambuhan penyakit. Pasien yang sering merokok akan terkena dampak yang lebih parah daripada pasien yang tidak merokok. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kanker prostat yang berhenti merokok hidup hampir satu dekade lebih lama daripada orang yang merokok secara teratur.

7. Konsultasi dengan dokter

Deteksi dini kanker prostat dapat meningkatkan peluang pemulihan. Kunjungi dokter untuk pemeriksaan untuk mendeteksi tanda dan gejala awal. Rincian seperti riwayat keluarga kanker juga penting. Selain itu, kesulitan buang air kecil dan pendarahan saat buang air kecil bisa menjadi tanda untuk memeriksakan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro