Garam/istimewa
Health

Ini Bahayanya Kebanyakan Makan Garam

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 9 September 2021 - 09:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Natrium adalah bagian penting dari diet Anda. Sebagai elektrolit, natrium adalah kunci untuk menjaga homeostasis dalam tubuh, yang memungkinkan banyak fungsi tubuh beroperasi dengan lancar dan stabil.

Namun, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak natrium, itu dapat membuat tubuh Anda kehilangan keseimbangan dan menyebabkan beberapa efek samping langsung.

Pedoman Diet USDA terbaru merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram natrium setiap hari, yang setara dengan sekitar satu sendok teh garam. Namun, American Heart Association (AHA) menyarankan bahwa kebanyakan orang dewasa harus mengurangi asupan mereka menjadi hanya 1.500 miligram per hari untuk menjaga tingkat tekanan darah tetap rendah.

Berikut beberapa efek setelah makan makanan yang kaya natrium dalam jangka pendek dan jangka panjang dilansir dari Eat This :

1. Perut bengkak

Pernahkah perut Anda terasa bengkak setelah makan sesuatu yang super asin, seperti sekantong keripik atau makanan cepat saji? Percayai kami ketika kami mengatakan Anda tidak akan gila! Wajar bagi tubuh Anda untuk kembung, atau merasa bengkak, setelah menikmati sesuatu yang kaya sodium.

Ini karena ginjal Anda akan menghemat air ekstra yang Anda minum untuk mengimbangi natrium ekstra yang Anda konsumsi dalam upaya mempertahankan rasio natrium-ke-air tertentu dalam tubuh Anda. Di luar perut, Anda mungkin merasa bengkak di area tubuh lainnya, seperti di tangan dan kaki.

2. Merasa sangat haus luarbiasa

Berbicara tentang mengonsumsi air ekstra, ketika Anda makan sesuatu yang penuh dengan natrium, itu dapat menyebabkan mulut Anda terasa kering dan bahkan meningkatkan intensitas rasa haus Anda. Alasan untuk ini berkaitan dengan kebutuhan tubuh Anda untuk mempertahankan rasio natrium-ke-air yang sangat spesifik itu.

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, Anda mungkin mengalami mulut kering segera setelah berkumur dengan air garam selama beberapa menit.

3. Tekanan darah Anda mungkin sedikit meningkat

Jika Anda makan makanan asin dalam jumlah besar dalam sekali makan, ada kemungkinan Anda bisa mengalami peningkatan sementara pada tingkat tekanan darah. Ini karena makanan yang tinggi natrium dapat menyebabkan volume darah yang lebih besar mengalir melalui pembuluh darah dan arteri Anda. Namun, fluktuasi kadar ini tidak terjadi pada semua orang setelah makan makanan yang sarat garam.

Padahal, konsumsi makanan kaya natrium secara teratur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, jadi pastikan untuk menjaga asupan makanan asin Anda!

4. Dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung

Salah satu kemungkinan efek jangka panjang dari mengonsumsi terlalu banyak natrium adalah peningkatan risiko penyakit jantung. Sementara penelitian dicampur, ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa asupan garam yang tinggi menyebabkan tingkat tekanan darah meningkat dan, oleh karena itu, menyebabkan pembuluh darah dan arteri menyempit. Akibatnya, ini dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan bahkan kematian dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro