WHO menginisiasi program vaksin global, COVAX untuk didistribusikan secara setara ke negara-negara, termasuk negara berkembang dan miskin./Antararnrn
Health

COVAX Pangkas Perkiraan Stok Dosis Vaksin Covid-19 di 2021

Ni Luh Anggela
Kamis, 9 September 2021 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX),  program global yang bertujuan mengatasi ketidaksetaraan vaksin Covid, memangkas perkiraannya untuk dosis yang tersedia pada tahun 2021 hingga sekitar seperempat, pada Rabu (8/9).
 
Tak lama setelah perkiraan itu dirilis, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta negara-negara kaya untuk menunda pemberian suntikan booster untuk pasien sehat hingga setidaknya akhir tahun sebagai cara untuk memungkinkan setiap negara memvaksinasi setidaknya 40 persen dari populasi mereka.
 
WHO sebelumnya telah menyerukan moratorium tembakan booster hingga akhir September.
 
Pada bulan Juni, melansir Axios, Kamis (9/9/2021), COVAX mengatakan pihaknya mengharapkan akses ke 1,9 miliar dosis pada akhir tahun 2021. Kemudian, pada Rabu (8/9) program tersebut menurunkan angka itu menjadi 1,425 miliar.
 
Dalam beberapa bulan terakhir, COVAX harus berurusan dengan keputusan pemerintah India yang secara tiba-tiba menghentikan ekspor vaksin, masalah produksi dengan AstraZeneca dan Johnson & Johnson dan penundaan dalam izin vaksin Novavax.
 
Mereka juga harus berurusan dengan penimbun vaksin negara-negara kaya.
 
“COVAX melakukan upaya keras untuk mengatasi dan mengurangi risiko ini,” kata program tersebut, mengutip negosiasi dengan pemerintah India dan upaya untuk meyakinkan produsen untuk memprioritaskan COVAX di atas masing-masing negara.
 
Dia juga meminta para donor dan produsen untuk “memperluas, mempercepat dan mensistematisasikan donasi dosis.”
 
Sembilan puluh persen negara berpenghasilan tinggi telah memvaksinasi setidaknya 10 persen dari populasi mereka, dan lebih dari 70 persen telah memvaksinasi setidaknya 40 persen, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dalam pesan video Rabu (8/9).
 
Tetapi tidak ada negara berpenghasilan rendah yang mencapai kedua target tersebut, menurut Tedros.
 
“Saya tidak akan tinggal diam ketika perusahaan dan negara yang mengendalikan pasokan vaksin global berpikir bahwa orang miskin dunia harus puas dengan sisa vaksin,” katanya dalam konferensi pers, Rabu (8/9).
 
Mengutip The New York Times, Kamis (9/9/2021), Tedros mengatakan bahwa beberapa pembuat vaksin dan negara-negara kaya menggunakan masalah distribusi sebagai alasan untuk tidak melakukan pengiriman.
 
Tetapi pejabat kesehatan dan orang-orang yang terlibat dalam Covax mengatakan bahwa keterlambatan pengiriman itu berkontribusi pada masalah distribusi dengan membuat negara-negara miskin tidak mungkin merencanakan kampanye inokulasi mereka.
 
Sejauh ini, Covax telah mengirimkan 245 juta dosis, sebagian besar gratis ke negara-negara miskin, dengan sisanya ke negara-negara seperti Kanada yang membayar dengan cara mereka sendiri. Pada bulan Januari, program tersebut telah merencanakan untuk memiliki setidaknya 785 juta dosis yang tersedia sekarang.
 
Di seluruh dunia, 81 persen suntikan telah dilakukan di negara-negara berpenghasilan tinggi dan menengah ke atas, menurut proyek Our World in Data di University of Oxford. Hanya 0,4 persen dosis telah diberikan di negara-negara berpenghasilan rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro