Daun ara
Health

Manfaat Teh Daun Ara untuk Kesehatan dan Resep Membuatnya

Ni Luh Anggela
Jumat, 10 September 2021 - 14:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Daun ara seringkali digunakan di banyak budaya sebagai pengobatan rumahan dan mengobati beragam penyakit selama berabad-abad. Tanaman yang berasal dari Asia Barat diketahui dapat memulihkan keseimbangan gula darah secara alami dengan merangsang status antioksidan, yang dipengaruhi oleh diabetes.
 
Meskipun buah ara memiliki begitu banyak manfaat kesehatan, daun ara memiliki dua manfaat besar yang sangat mengesankan, seperti dilansir dari Your Health Tube, Jumat (10/9/2021).
 
1. Membantu dengan Diabetes

Daun ini memiliki sifat anti-diabetes yang luar biasa dan dapat mengurangi kebutuhan akan suntikan insulin. Penelitian awal menunjukkan bahwa teh yang dibuat dari daun ini dapat mengurangi kebutuhan insulin pada individu dengan diabetes tipe 1. Hal ini juga dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan.
 
Perlu diingat, penderita diabetes harus menggunakan daun ara hanya di bawah pengawasan dokter. Ini sangat penting karena daun ini mengurangi kebutuhan insulin sehingga pasien diabetes mungkin membutuhkan suntikan insulin yang lebih sedikit. Namun, mereka adalah obat alami yang aman untuk digunakan.
 
2. Menurunkan Trigliserida

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukkan dalam darah. Mereka dihasilkan oleh hati, namun sebagian besar berasal dari makanan seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng dan mentega.
 
Mengutip Alodokter, Jumat (10/9/2021), saat asupan trigliserida dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan, akan terjadi peningkatan trigliserida dalam darah yang dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga berisiko terjadi stroke dan serangan jantung.
 
Ilmuwan mengklaim bahwa konsumsi teh daun ara secara teratur dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kesehatan jantung.
 
Daun ara juga digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, dan kondisi kulit tertentu seperti psoriasis, vitiligo, dan eksim, tetapi masih diperlukan banyak bukti untuk menilai efektivitas daun ini untuk penggunaan semacam itu.
 
Lalu bagaimana cara membuat teh daun ara? Caranya cukup mudah, seperti menyeduh teh pada umumnya.
 
Yang Anda perlukan:
·         2 sendok makan daun ara kering atau 1 kantong teh daun ara
·         1 liter atau 33 ons air
Cara membuat:
Pertama, masukkan dua sendok makan daun ara kering dan satu liter air ke dalam panci yang dipanaskan. Didihkan, dan rebus daunnya selama kurang lebih 15 menit atau sampai air mendidih. Kemudian, angkat teh dan saring daunnya. Biarkan agak dingin, lalu tuang ke dalam cangkir teh atau gelas dan minum. Anda dapat menyimpan sisa teh di kulkas. Disarankan untuk mengonsumsi teh daun ara setiap hari untuk merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro