Berbagai jenis vaksin Covid-19 yang digunakan oleh berbagai negara/clinicaltrialsarena.com
Health

Studi : Suntik Booster Vaksin Covid Belum Dibutuhkan

Ni Luh Anggela
Selasa, 14 September 2021 - 09:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sekelompok ilmuwan dalam laporannya baru-baru ini mengatakan tambahan booster vaksin Covid-19 tidak diperlukan untuk populasi umum.

Laporan yang dipublikasikan di The Lancet pada Senin (13/9) menyimpulkan bahwa bahkan dengan ancaman varian Delta yang lebih menular, dosis booster untuk populasi umum tidak sesuai pada tahap pandemi ini.
 
Menurut para ilmuwan, setiap keputusan tentang perlunya peningkatan atau waktu peningkatan harus didasarkan pada analisis yang cermat dari data klinis atau epidemiologis yang terkontrol secara memadai, atau keduanya, yang menunjukkan pengurangan penyakit parah yang terus-menerus dan bermakna.
 
“Diperlukan lebih banyak buktii untuk membenarkan booster, dan bahwa vaksin tetap sangat efektif melawan gejala Covid-19 yang parah, di semua varian virus utama termasuk Delta,” tulis para ilmuwan, melansir Aljazeera, Selasa (14/9/2021).
 
Secara keseluruhan, penulis utama Ana-Maria Henao-Restrepo, dari WHO mengatakan, penelitian yang tersedia saat ini tidak memberikan bukti yang kredibel tentang penurunan perlindungan secara substansial terhadap penyakit parah, yang merupakan tujuan utama vaksinasi.
 
Dia juga mengatakan bahwa dosis vaksin harus diprioritaskan kepada orang-orang di seluruh dunia yang masih menunggu suntikan. Dengan begitu, mereka dapat mempercepat akhir pandemi dengan menghambat evolusi varian lebih lanjut.
 
Namun, pandangan tersebut bertentangan dengan rencana AS yang mulai menawarkan suntikan lain kepada banyak orang Amerika yang telah divaksinasi penuh minggu depan, bergantung pada persetujuan dari regulator kesehatan.
 
Para penulis mengakui bahwa beberapa individu, seperti mereka yang mengalami gangguan kekebalan, dapat memperoleh manfaat dari dosis tambahan.
 
Sebuah panel ahli yang menyarankan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS tentang vaksin berencana bertemu pada 17 September untuk membahas dosis tambahan suntikan Pfizer-BioNTech, langkah pertama dalam peluncuran booster yang lebih luas.
 
Seperti diketahui, beberapa negara telah mulai menawarkan dosis tambahan karena kekhawatiran tentang varian Delta yang jauh lebih menular, menyebabkan WHO menyerukan moratorium suntikan ketiga di tengah kekhawatiran tentang pasokan vaksin ke negara-negara miskin, di mana jutaan orang belum menerima suntikan pertama mereka.
 
Israel misalnya, yang telah melangkah lebih jauh dengan menawarkan anak-anak berusia 12 tahun ke atas untuk dosis ketiga lima bulan setelah menerima suntikan kedua. Sementara Perancis, telah mulai mendistribusikan suntikan ketiga kepada orang tua dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah.
 
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus telah meminta negara-negara untuk menghindari memberikan suntikan Covid tambahan hingga akhir tahun, karena badan kesehatan PBB mendesak semua negara untuk memvaksinasi setidaknya 10 persen dari populasi mereka pada akhir bulan ini, dan setidaknya 40 persen pada akhir tahun ini.
 
“Pasokan vaksin saat ini dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa jika digunakan pada populasi yang sebelumnya tidak divaksinasi,” tulis para ilmuwan.
 
Artikel Lancet menyimpulkan bahwa varian saat ini belum cukup berkembang untuk menghindari respon imun yang diberikan oleh vaksin yang saat ini digunakan.
 
Para penulis berpendapat bahwa jika mutasi virus baru muncul yang mampu menghindari respons ini, akan lebih baik untuk memberikan penguat vaksin yang dimodifikasi secara khusus yang ditujukan untuk varian yang lebih baru, daripada dosis ketiga dari vaksin yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro