Ilustrasi serangan jantung
Health

Tidak Selalu Sesak Napas, Kenali Gejala Serangan Jantung Silent

Ni Luh Anggela
Selasa, 14 September 2021 - 10:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Umumnya, seseorang yang mengalami serangan jantung akan menunjukkan beberapa gejala seperti, nyeri di di perut bagian atas atau ulu hati, nyeri di bagian dada, tulang rusuk bagian bawah, dan lengan yang menjalar hingga ke leher, rahang, bahu hingga punggung, pusing, mual dan muntah, keringat berlebih, dan sesak napas.
 
Serangan jantung tidak selalu muncul dengan gejala klasik. Faktanya, hanya setengah dari serangan jantung yang terjadi dengan cara ini, menurut penelitian terbaru dari Harvard Medical School.
 
Saat ini, gejala serangan jantung pada orang tua dapat dengan mudah terlewatkan sehingga Anda mungkin mengalami serangan jantung tanpa disadari.
 
“Apa yang disebut serangan jantung diam ini hanya didiagnosis setelah kejadian, ketika rekaman aktivitas listrik jantung (elektrokardiogram, atau EKG) atau tes lain mengungkapkan bukti kerusakan jantung,” tulis para peneliti.
 
Ketidaktahuan yang berbahaya dari serangan jantung yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jantung atau berakibat fatal.
 
Melansir Express, Selasa (14/9/2021), para peneliti di Harvard Medical School telah menyelidiki apa yang menyebabkan serangan jantung diam ini. Salah satu penjelasannya mungkin adalah toleransi rasa sakit yang lebih tinggi dari rata-rata, seperti yang ditunjukkan oleh sebuah penelitian baru-baru ini. Orang lain salah mengira gejala mereka sebagai gangguan pencernaan atau nyeri otot.
 
Namun, orang lain mungkin merasakan sakit, tetapi di bagian tubuh bagian atas mereka selain bagian tengah dada yang biasanya diabaikan.
 
Sebuah penelitian di Denmark menemukan bahwa satu dari empat serangan jantung dapat muncul dengan gejala atipikal yang dapat dengan mudah diabaikan atau dikacaukan dengan gangguan lain.
 
Dokter Kenneth Rosenfield, kepala bagian pengobatan dan intervensi vaskular di Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Harvard, mengatakan banyak orang tidak menyadari bahwa selama serangan jantung, gejala klasik nyeri dada hanya terjadi sekitar separuh waktu.
 
Terkadang, orang-orang  menggambarkan gejala serangan jantung sebagai ketidaknyamanan atau tekanan dada, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka merasakan sensasi yang intens, menghancurkan atau sakit yang dalam yang mirip dengan sakit gigi.
 
Orang-orang tertentu kurang sensitif terhadap rasa sakit daripada yang lain, atau mereka mungkin menyangkal rasa sakit mereka dan membiarkan gejalanya tidak diobati. Namun, tidak semua orang memiliki pemahaman yang baik tentang toleransi rasa sakit mereka sendiri, dan sejumlah faktor lain (seperti keadaan emosional Anda) dapat memengaruhi persepsi rasa sakit.
 
Orang dengan diabetes mungkin kurang sensitif terhadap rasa sakit karena penyakit ini dapat mematikan saraf (suatu kondisi yang dikenal sebagai neuropati diabetik), secara teoritis meningkatkan risiko serangan jantung diam.
 
“Selama serangan jantung, lokasi rasa sakit juga bisa sedikit berbeda dari orang ke orang,” jelas dokter Rosenfield.
 
Gejala dapat terjadi di lengan, bahu, leher, rahang, atau di tempat lain di bagian atas tubuh.
 
“Saya memiliki satu pasien yang menderita sakit di daun telinga, dan satu lagi yang merasakan sakit di pergelangan tangannya,” kata dokter Rosenfield, menjelaskan bahwa gejala dapat berasal dari mana saja di tubuh dan tanda-tanda yang tidak biasa tidak boleh diabaikan.
 
Gejala tidak lazim lainnya yang sering tidak dikaitkan dengan serangan jantung termasuk mual, muntah, dan lemas.
 
Dokter Rosenfield juga menjelaskan bahwa tidak diragukan lagi bahwa wanita lebih mungkin mengalami gejala serangan jantung non-klasik, tetapi penting untuk diingat bahwa pria juga dapat mengalami gejala tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro