Ilustrasi diet sehat dan aman untuk dilakukan/Freepik.com
Health

Jaga Asupan Makanan dan Minuman Ini untuk Kontrol Gula Darah

Annasa Rizki Kamalina
Selasa, 14 September 2021 - 16:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kadar gula darah berfluktuasi sepanjang hari tergantung dengan asupan yang masuk dalam tubuh. Gula darah akan segera naik saat setelah konsumsi makanan dan minuman berikut ini.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu diwaspadai oleh penderita diabetes, antara lain makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, atau pasta. Jika Anda ingin mengontrol kadar gula darah dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman berikut seperti dilansir dari Healthline.

1. Karbohidrat
Pasien diabetes wajib membatasi konsumsi makanan satu ini karena kandungan glukosa dalam karbo sangat cepat dipecah oleh tubuh. Penggunaan insulin dapat membantu mengontrol gula darah.

2. Buah Segar
Buah segar memang bagus dikonsumsi, namun bagi orang yang memiliki kadar gula tinggi patut dipantau. Buah mengandung fruktosa yang dapat meningkatkan gula darah. Sebelum konsumsi, cermat memilih buah yang aman dikonsumsi. Namun, buah segar masih lebih baik dari olahannya seperti jus, selai, maupun jelly.

3. Makanan Berlemak
Makanan berlemak seperti pizza atau cepat saji mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Lemak dan protein baru akan memiliki efek beberapa jam setelah konsumsi, tidak seperti karbohidrat yang langsung memengaruhi gula darah.

4. Minuman Manis
Jus, elektrolit, kopi, dan soda tentu memengaruhi gula darah karena minuman ini mengandung tinggi glukosa. Bagi yang mau konsumsi jenis minuman ini, jangan lupa untuk menghitung kandungan karbo.

5. Alkohol
Alkohol sangat cepat menaikkan gula darah karena minuman ini hasil fermentasi glukosa. Kadar gula akan semakin naik apabila alkohol dikonsumsi bersamaan dengan jus atau soda. Sementara itu, setelah beberapa jam, alkohol akan menyebabkan gula darah turun drastis.

Jangan lupa untuk menyeimbangkan asupan makanan dan minuman dengan olahraga secara teratur agar tubuh dapat bekerja normal dan tetap aktif sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro