Ilustrasi mimisan
Health

Sering Mimisan? Ini Penyebab dan Cara Menghentikannya

Ni Luh Anggela
Rabu, 15 September 2021 - 13:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mimisan dapat terjadi pada siapa saja, tetapi ini lebih sering terjadi pada anak-anak usia 2 hingga 10 tahun dan pada orang dewasa berusia 50 hingga 80 tahun, menurut American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery.
 
Ada dua jenis mimisan: posterior dan anterior. Mimisan anterior jauh lebih umum. Ini melibatkan pembuluh darah kecil di bagian depan hidung. Sebagian besar mimisan anterior dapat diobati sendiri. Sementara mimisan posterior melibatkan pembuluh darah yang lebih besar jauh di dalam rongga hidung dan bisa lebih bermasalah karena pendarahan bisa banyak dan sulit dihentikan. Mimisan ini hampir selalu membutuhkan intervensi medis.
 
Udara kering dapat menyerap kelembaban dari selaput hidung. Tidak hanya membuat tidak nyaman, tetapi juga menyebabkan selaput lendir hidung menjadi kerak, pecah-pecah, dan berdarah, terkadang tanpa provokasi apa pun. Tetapi mimisan paling sering disebabkan oleh mengorek hidung atau gangguan lain, seperti pukulan hidung yang agresif atau tusukan berulang-ulang dari botol semprotan hidung. Peradangan karena alergi atau virus umum seperti pilek juga bisa membuat lapisan hidung lebih rentan terhadap mimisan.
 
Lebih jarang, mimisan adalah akibat dari trauma tumpul karena, katakanlah, kecelakaan mobil atau pukulan. Kadang-kadang trauma tumpul menyebabkan mimisan ketika anak-anak menempelkan benda-benda kecil di hidung mereka atau ketika orang dewasa mencoba mengeluarkan benda-benda itu. Menggunakan obat alergi tertentu atau obat-obatan terlarang seperti kokain juga dapat menyebabkan pendarahan hidung.
 
Dalam kasus yang lebih jarang, mimisan juga dapat disebabkan oleh kondisi genetik yang disebut hereditary hemorrhagic telangiectasia, kelainan pembekuan darah, atau bahkan kanker.
 
Untuk menghentikan mimisan, melansir Health, Rabu (15/9/2021), Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana di rumah.
 
Pertama, jangan panik dan tetap tenang. Miringkan kepala Anda sedikit ke depan, bukan ke belakang, agar darah Anda tidak mengalir deras ke bagian belakang tenggorokan Anda. Dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, cubit bagian bawah hidung yang lembut.
 
“Berikan tekanan yang cukup untuk membuat jari Anda pucat,” kata Shaunda Rodriguez, DO, ahli bedah telinga, hidung, dan tenggorokan/kepala dan leher di Wichita, Kansas.
 
Tahan cubitan selama lima menit. Jika pendarahan belum berhenti, lanjutkan mencubit selama lima hingga 10 menit lagi. Setelah pendarahan berhenti, Anda mungkin ingin mencoba semprotan hidung dekongestan untuk mengencangkan pembuluh darah di hidung.
 
Pastikan untuk mendapatkan izin dokter Anda terlebih dahulu. Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi dan kondisi kesehatan lainnya tidak boleh menggunakan obat-obatan yang menyempitkan pembuluh darah karena dapat meningkatkan tekanan darah.
 
“Jangan pernah memasukkan apapun ke hidung Anda,” Dr. Rodriguez memperingatkan. “Tidak ada tisu, tidak ada kain kasa.”  Anda bisa memperburuk keadaan, katanya, dengan semakin mengiritasi pembuluh darah hidung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro