Daging merah berprotein/boldsky.com
Health

Efek Samping Utama Makan Daging Merah pada Sendi Anda

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 18 September 2021 - 14:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda bahwa nyeri sendi bisa terjadi dari apa yang Anda makan setiap hari?

Makanan ultra-olahan, dapat menghasilkan efek inflamasi pada tubuh. Di antara makanan ini termasuk makanan ringan kemasan, makanan ringan manis, dan daging merah keduanya bisa menjadi penyebab nyeri sendi Anda.

Memang benar, makan makanan yang sebagian besar tidak mengandung makanan olahan dapat membantu mencegah radang sendi atau nyeri sendi kronis. Banyak penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan makanan nabati yang dominan dapat membantu meringankan gejala nyeri sendi.

Misalnya, satu studi tahun 2015 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan makanan nabati mengalami penurunan yang signifikan dalam nyeri osteoartritis setelah hanya dua minggu. Peserta juga melaporkan bahwa mereka memiliki lebih banyak energi dan fungsi fisik yang lebih baik pada akhir studi enam minggu.

Selain itu, temuan dari studi tahun 2017 menunjukkan bahwa serat juga dapat berperan dalam mencegah radang sendi. Mereka yang beralih ke diet tinggi serat mengurangi risiko osteoarthritis lutut sebanyak 61%. Dan sementara ada beberapa faktor risiko yang terkait dengan radang sendi, kesehatan usus Anda mungkin menjadi salah satu kuncinya.

Makanan yang tinggi lemak dan sangat diproses dapat mengubah mikrobiota usus Anda, yang bisa menjadi penyebab banyak masalah kesehatan. Sebaliknya, makanan nabati yang kaya akan prebiotik dan probiotik dapat membantu mendiversifikasi bakteri usus yang sehat dan mengurangi peradangan.

Sekarang, penelitian baru dari Mayo Clinic's Center for Individualized Medicine menunjukkan bahwa mikrobioma usus Anda dapat memprediksi apakah Anda akan mengembangkan rheumatoid arthritis atau tidak.

Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Genome Medicine, menemukan beberapa ciri dalam mikrobioma usus yang terkait dengan prognosis rheumatoid arthritis (RA) di masa depan. Untuk konteksnya, RA adalah gangguan peradangan kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan mulai menyerang jaringannya sendiri, termasuk sendi. Beberapa gejala RA termasuk kekakuan, nyeri, dan pembengkakan di lebih dari satu sendi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Para peneliti mengusulkan bahwa memeriksa profil mikrobioma usus orang dapat membantu mereka mendeteksi apakah seseorang berisiko didiagnosis di kemudian hari atau tidak. Jika seseorang memang menunjukkan biomarker tertentu, harapannya adalah mereka dapat  mengambil tindakan pencegahan dan melepaskan diri dari beban pengembangan RA di masa depan.

"Dengan pengembangan lebih lanjut, biomarker prognostik tersebut dapat mengidentifikasi pasien yang akan mencapai perbaikan klinis awal dengan terapi yang diberikan, sehingga menghemat biaya dan risiko terapi lain yang cenderung tidak efektif," John M. Davis III, MD, co -penulis studi senior, dan ahli reumatologi klinis di Mayo Clinic mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Untuk sementara, tidak ada salahnya untuk memasukkan lebih banyak makanan nabati ke dalam makanan Anda untuk mendukung mikrobioma usus dan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro