Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. /Klikdokter-Shuttlecock
Health

Diet Sehat dan Olahraga Khusus Bagi Penderita Diabetes

Annasa Rizki
Senin, 20 September 2021 - 15:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Gaya hidup sehat untuk penderita diabetes dapat dimulai dengan diet dan olahraga. Kadar gula darah dapat dijaga dengan konsisten konsumsi makanan seimbang dan rutin olahraga.  

Diet berarti mengonsumsi semua kelompok makanan dengan porsi cukup. Pasien diabetes sering kali merasa berat untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan diet. Berikut ini kelompok makanan yang wajib ditambahkan dalam diet diabetes. 

Sayuran: Brokoli, wortel, sayuran hijau, paprika, dan tomat 

Buah: Jeruk, melon, beri, apel, dan pepaya  

Biji-bijian: gandum, beras, oat, jagung, barley, dan quinoa. 

Protein: Ayam, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan kacang tanah, telur, kacang kering seperti buncis, dan tahu. 

Produk susu tanpa lemak: Susu gandum, susu almond, yogurt, susu rendah lemak, dan keju. 

Olahraga memegang peran penting bagi penderita diabetes. Selain mencegah kenaikan gula darah, olahraga juga mencegah depresi. Pasien diabetes tidak perlu berolahraga berat, cukup dengan yoga ataupun berjalan kaki selama 30 menit setiap hari secara rutin.  

Tak hanya pasien diabetes, orang sehat juga harus tetap aktif untuk mejaga kadar gula darah. Aktivitas fisik harus rutin yang didukung dengan tetap terhidrasi, hindari olahraga berlebihan, dan menggunakan sepatu yang nyaman saat olahraga untuk mencegah komplikasi diabetes pada kaki.  

Penderita diabetes yang makan sehat dan olahraga secara teratur akan meningkatkan senitivitas insulin. Hal ini akan mengurangi ketergantungan pada obat-obatan maupun suntik insulin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro