Minum air putih bermanfaat untuk kesehatan tubuh./Istimewa
Health

Lakukan 6 Hal Ini Setelah Makan Makanan Kolesterol Tinggi, Agar Terhindar Stroke

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 21 September 2021 - 08:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak makanan mengandung kolesterol tinggi yang bisa berdampak buruk pada tubuh Anda.

Kebanyakan, makanan itu adalah makanan enak yang ada di sekitar kita. Jadi mungkin, agak sulit bagi Anda untuk menghindarinya.

Meski enak, makanan tersebut bisa berakibat buruk jangka panjang pada tubuh Anda.

Mereka menyebabkan kolesterol tinggi, tekanan darah, dan juga diabetes. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi makan berlebihan dan juga menghindari makanan berminyak yang mengandung kolesterol.

Tapi, jika Anda akhirnya tidak bisa tahan atau terpaksa makan gorengan favorit Anda, berikut adalah 6 hal yang dapat Anda lakukan setelah memakannya seperti dilansir dari Times of India:.

1. Minum air hangat

Setiap kali Anda merasa kenyang, mulailah minum air hangat setelah 30-45 menit makan. Menurut para ahli, air bertindak sebagai pembawa nutrisi dan produk limbah juga. Air hangat membantu memecah nutrisi menjadi bentuk yang dapat dicerna, dan Anda mulai merasa lebih ringan.

2. Minuman detoks

Cara terbaik untuk menenangkan tubuh adalah dengan minum air lemon. Minuman detoks ini membantu membuang racun yang terkumpul setelah mengonsumsi makanan berminyak. Ini juga membantu penurunan berat badan.

3. Jalan-jalan kecil

Menurut para ahli, berjalan setelah 20 menit makan berat membantu meningkatkan pencernaan dan juga meningkatkan motilitas perut yang lebih baik dan membantu penurunan berat badan.

4. Makan probiotik

Pastikan Anda mengonsumsi probiotik setelah 20-25 menit makan berat mengandung kolesterol tadi. Probiotik membantu menyeimbangkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan flora usus dan kekebalan juga. Probiotik paling efektif yang bisa Anda miliki adalah yogurt.

5. Makan buah-buahan

Setelah jeda 60 menit, makanlah sedikit buah-buahan kaya serat. Mereka membantu menghindari sembelit dan juga meningkatkan sistem pencernaan. Juga, disarankan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran dalam beberapa waktu makan berikutnya untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

6. Hitung makanan Anda

Setelah Anda kenyang, pastikan bahwa beberapa makanan Anda berikutnya sangat ringan dan mudah dicerna. Disarankan untuk makan makanan kaya air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menikmati makanan kaya serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro