Bahan makanan yang kaya kandungan vitamin D/Istimewa
Health

Wajib Tahu! 7 Makanan Sehat yang Kaya Vitamin D

Ithamar Yaomi DC
Selasa, 21 September 2021 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Vitamin D merupakan satu-satunya nutrisi yang diproduksi oleh tubuh saat terkena sinar matahari. Berikut 7 makanan sehat yang ternyata kaya akan vitamin D.

Sayangnya, 50 persen populasi dunia mungkin tidak mendapatkan cukup sinar matahari dan 40 persen penduduk Amerika Serikat kekurangan vitamin D. Hal ini disebabkan karena sebagian orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, memakai tabir surya di luar, dan makan makanan barat yang rendah akan sumber vitamin D.

Nilai harian yang direkomendasikan atau daily value (DV) adalah 800 IU (20 mcg) vitamin D per hari dari makanan. Jika tidak mendapatkan cukup sinar matahari, asupan Anda kemungkinan harus mendekati 1.000 IU (25 mcg) per hari (4Trusted Source).

Selain sinar matahari, berikut 7 makanan sehat yang tinggi kandungan vitamin D seperti dilansir dari Healthline.com, Selasa (21/9/2021).

1. Ikan salmon
Salmon merupakan ikan berlemak yang populer dan memiliki sumber vitamin D yang bagus. Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi 3,5 ons (100 gram) salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D, atau 66 persen dari DV (5).

2. Ikan Herring dan Sarden
Herring adalah ikan yang dimakan di seluruh dunia. Jenis ikan ini bisa disajikan mentah, kalengan, diasap, atau diasamkan.

Ikan kecil ini juga merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik. Ikan hering Atlantik segar menyediakan 216 IU per porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 27% dari DV.

3. Minyak Hati Ikan Kod
Minyak hati ikan kod adalah suplemen yang populer. Jika Anda tidak menyukai ikan, mengonsumsi minyak ikan kod bisa menjadi kunci untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak tersedia di sumber lain.

Ikan kod adalah sumber vitamin D yang sangat baik, sekitar 448 IU per sendok teh (4,9 ml), ia memiliki 56 persen DV yang sangat besar. Telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mencegah dan mengobati defisiensi pada anak-anak.

4. Tuna Kaleng
Banyak orang menyukai tuna kalengan karena rasanya yang enak dan cara penyimpanannya yang mudah.

Tuna kaleng juga biasanya lebih murah daripada membeli ikan segar. Tuna kalengan mengemas hingga 268 IU vitamin D dalam porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 34 persen dari DV.

5. Kuning Telur
Orang yang tidak makan ikan harus tahu bahwa makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Telur utuh adalah sumber lain yang baik, serta makanan bergizi yang luar biasa.

Sementara sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur. Satu kuning telur khas mengandung 37 IU vitamin D, atau 5 persen dari DV.

6. Jamur
Jamur merupakan satu-satunya sumber tanaman vitamin D yang baik. Seperti manusia, jamur dapat mensintesis vitamin ini saat terkena sinar UV (27). Namun, jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3. Meskipun vitamin D2 membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, itu mungkin tidak seefektif vitamin D3.

7. Makanan Fortifikasi
Sumber alami vitamin D terbatas, terutama jika Anda vegetarian atau tidak suka ikan. Untungnya, beberapa produk makanan yang tidak secara alami mengandung vitamin D diperkaya dengan nutrisi ini. Berikut di antaranya:
- Susu sapi
- Susu kedelai
- Jus jeruk
- Sereal dan oatmeal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro