Brokoli
Relationship

2 Makanan Cegah Rambut Rontok

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 21 September 2021 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rambut rontok sangat normal, dan kita bisa kehilangan antara 50 dan 100 helai rambut sehari, seringkali tanpa disadari.

Beberapa jenis kerontokan rambut bersifat permanen, seperti pola kebotakan pada pria dan wanita. Meskipun demikian, ada beberapa cara untuk mencegah penipisan rambut, menurut sebuah penelitian baru-baru ini.

Ada beberapa hal yang dapat Anda coba jika kerontokan rambut Anda menyebabkan Anda tertekan. Selain perawatan, makan makanan tertentu disarankan untuk beberapa orang sebagai perawatan rambut rontok.

Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa sulforaphane, senyawa organik yang ada dalam kedua makanan ini, dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan bahkan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ilmuwan dari perusahaan Korea Selatan Gragem Co. Ltd. dan Departemen Bioteknologi di Universitas Suwon, menemukan bahwa senyawa organik yang ada dalam brokoli dan kembang kol menyebabkan peningkatan hampir 7 persen jumlah rambut pada partisipan yang menderita androgenetic alopecia. 

Studi ini menunjukkan sulforaphane bisa menjadi alternatif pengobatan farmakologis untuk beberapa rambut rontok.

“Untuk pengobatan farmakologis alternatif baru, persiapan tanaman memiliki banyak keunggulan dibandingkan zat sintetis, mengingat dampaknya yang lebih tinggi, efek samping yang lebih sedikit, spektrum aktivitas yang lebih luas, dan biaya pengobatan yang lebih rendah,” tulis studi tersebut dilansir dari Express.

Kerontokan rambut biasanya bukan hal yang perlu dikhawatirkan, tetapi terkadang itu bisa menjadi pertanda kondisi medis.

Ini dapat disebabkan oleh penyakit, stres, penurunan berat badan, beberapa pengobatan kanker, dan kekurangan zat besi.

Rambut rontok yang disebabkan oleh kondisi medis biasanya berhenti atau tumbuh kembali setelah Anda pulih.

Rambut biasanya tumbuh kembali setelah kemoterapi selesai. Dalam kasus yang sangat jarang, rambut tidak tumbuh kembali. Ini biasanya hanya terjadi dengan dosis obat tertentu yang sangat tinggi, kata saran Cancer Research UK.

Dokter Anda harus dapat memberi tahu Anda apa yang menyebabkan kerontokan rambut Anda dengan melihat rambut Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro