Jalan kaki
Health

Tanda Kekurangan Vitamin D Bisa Terlihat dari Cara Jalan Anda

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 22 September 2021 - 08:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D sangat penting untuk kesehatan kita, dan sebagian besar bisa didapatkan dari paparan sinar matahari.

Gejala kekurangan vitamin D seringkali cukup samar, dan masalahnya sering kali terlewatkan. Meskipun demikian, kekurangan yang lebih parah dapat memiliki dampak yang lebih jelas pada cara seseorang berjalan.

Dalam kasus kekurangan vitamin D yang lebih parah, kondisi osteomalacia dapat berkembang, menyebabkan rasa sakit dan kelemahan yang parah. Kelemahan otot dapat menyebabkan orang berjalan dengan pola berjalan, menurut Info Pasien.

Situs tersebut menambahkan bahwa seseorang dengan kekurangan vitamin D yang lebih parah mungkin mengalami kesulitan dalam menaiki tangga, atau bangun dari lantai atau kursi rendah.

Tulang juga mungkin terasa nyeri hingga tekanan sedang. Ini cenderung lebih terlihat di tulang rusuk atau tulang kering.

Selain mengadopsi pola waddling, ada juga beberapa gejala yang kurang jelas yang mungkin muncul.

Misalnya, orang dewasa dengan kekurangan vitamin, mungkin "mengeluh kelelahan umum, sakit dan nyeri yang samar-samar dan perasaan tidak sehat secara umum," menurut situs tersebut.

Meskipun dikenal sebagai vitamin sinar matahari, beberapa makanan memang mengandung vitamin D.

Makanan yang secara alami mengandung vitamin D termasuk ikan berminyak, serta kuning telur, daging merah dan hati.

Sumber vitamin D lainnya adalah suplemen makanan.

Selama musim hujan, Anda perlu mendapatkan vitamin D dari makanan Anda karena matahari tidak cukup kuat bagi tubuh untuk membuat vitamin D.

Ada beberapa laporan tentang vitamin D yang mengurangi risiko virus corona.

Tetapi NHS menyatakan bahwa saat ini tidak ada cukup bukti untuk mendukung penggunaan vitamin D semata-mata untuk mencegah atau mengobati COVID.

"Jika Anda masih menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan daripada biasanya pada musim semi dan musim panas ini, Anda harus mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D sehari untuk menjaga kesehatan tulang dan otot Anda," tambah NHS.

Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial merekomendasikan agar orang dewasa dan anak-anak di atas empat tahun mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 10 mikrogram vitamin D jika mereka tidak sering berada di luar ruangan atau cenderung biasanya mengenakan pakaian yang menutupi sebagian besar kulit mereka saat berada di luar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro