Ilustrasi/Fitnistics
Relationship

6 Cara Mudah Untuk Mencegah Kematian di Usia Muda

Dinda Aulia Ramadhanty
Rabu, 22 September 2021 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Angka kematian pada kelompok usia muda terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini berkaitan langsung dengan gaya hidup dan pola konsumsi kesehatan yang buruk.

Melansir dari Time.com, Rabu (22/9/2021) para ahli di bidang kesehatan telah mengungkapkan bahwa jumlah kematian bisa dicegah hingga 25 persen dari total kematian pada 2010 hingga pada 2025.

Dilaporkan dalam jurnal Lancet, seorang pakar kesehatan masyarakat mencatat bahwa untuk mencegah kematian tersebut tidaklah sulit. Namun, dapat diterapkan ketika adanya kemauan individu untuk melakukan gaya hidup sehat maka hal tersebut bisa dilakukan.

Gaya hidup sehat, setidaknya bisa menyelamatkan hingga 37 juta jiwa  lebih dari 15 tahun. Berikut 6 cara untuk cegah kematian muda dari para ahli yang diharapkan dapat dilakukan. 

  1. Berhenti merokok

PBB menetapkan target agar pengguna rokok di dunia bisa bekurang hingga 30 persen pada tahun 2025. Sejumlah negara maju dengan penghasilan tinggi yang telah menerapkan larangan merokok di tempat umum dan kewajiban pembayaran pajak tembakau berdampak mengalami penurunan tingkat merokok, meskipun penduduk di negara-negara berpenghasilan rendah masih terus melanjutkan kebiasaan tersebut dengan angka tinggi. 

  1. Membatasi jumlah minum yang berlebihan

Ketika alkohol dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit hati tertentu, serta berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Selain memberikan edukasi kepada masyarakat tentang risiko minum berlebihan, maka pemerintah juga mengenakan pajak untuk produk alkohol. Tujuannya untuk membatasi penyalahgunaan secara berlebihan.

3. Mengurangi garam

Porsi makan yang memiliki kandungan tinggi natrium, akan dapat meningkatkan tekanan darah dan berkontribusi terhadap penyakit jantung dan stroke. Bahkan di banyak negara maju, orang-orang mengonsumsi beberapa kali lipat jumlah garam dibandingkan yang dibutuhkan tubuh.  

Dalam pemenuhan garam dengan opsi alternatif, dapat memilih asam sitrat dalam lemon, untuk memenuhi kebutuhan garam dan juga membantu menurunkan konsumsi natrium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro