Toxic relationship
Relationship

Kenali 4 Kebiasaan Orang Toxic yang Sering Tidak Disadari

Ni Luh Anggela
Rabu, 22 September 2021 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Menghabiskan waktu dan energi di sekitar orang-orang yang selalu berperilaku tidak sehat dan menambah hal negatif dalam hidup Anda tentunya sangat melelahkan, sehingga banyak orang yang memilih untuk tidak berurusan dengannya.

Tetapi, banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa kita sedang terjebak dalam hubungan beracun yang berdampak negatif pada kesehatan mental hingga kepercayaan diri kita.
 
Masalahnya adalah beberapa orang mungkin tampak ramah, penuh hormat, dan bahkan dewasa secara emosional, ketika kita tidak cukup mengenal mereka. Mungkin awalnya beberapa perilaku mereka tampak tidak menyinggung Anda, sementara kenyataannya tidak, dan mereka dapat merusak hubungan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk belajar mengenali kebiasaan yang tidak sehat ini.
 
Berikut ini adalah empat perilaku orang yang tanpa Anda sadari beracun, melansir Ladders, Rabu (22/9/2021).

1. Mereka memprovokasi

Mungkin, Anda pernah terlibat dalam sebuah percakapan dimana tampaknya lawan bicara Anda seperti meremehkan dan tidak menghormati Anda. Kemudian, saat Anda memutuskan untuk menanggapinya, dia justru mengatakan Anda ‘terlalu lembut’ atau baperan dan meminta Anda untuk tenang.
 
Perilaku ini dikenal sebagai pengalihan kesalahan. Ini halus dan sulit untuk dilihat, tetapi itu ada di sana, dan memberi tahu Anda banyak tentang seseorang.
 
2. Mereka pasif-agresif

Daniel K. Hall-Flavin, M.D. di Mayo Clinic menjelaskan, perilaku pasif-agresif adalah pola mengekspresikan perasaan negatif secara tidak langsung alih-alih secara terbuka mengatasinya.
 
“Ada keterputusan antara apa yang dikatakan orang pasif-agresif dan apa yang dia lakukan,” kata Daniel.
 
Misalnya, Anda merupakan manajer baru di perusahaan Anda dan meminta salah satu bawahan Anda untuk membuat daftar semua anggota tim Anda. Anda juga memberitahu mereka bahwa Anda membutuhkannya pada akhir minggu. Orang ini setuju untuk membuat daftar. Tetapi pada akhir minggu, mereka tidak memberikan apa yang Anda minta. Saat Anda bertanya, mereka menjawab bahwa mereka terlalu sibuk untuk membuatnya.
 
“Dalam hal ini, karyawan secara tidak langsung mengungkapkan perasaan kewalahan negatif mereka dengan tidak menindaklanjuti suatu tugas, alih-alih dengan tegas memberitahu Anda bahwa mereka sudah memiliki terlalu banyak tugas untuk diselesaikan minggu itu,” jelas Daniel.
 
3. Mereka pura-pura tertarik dengan Anda

Ada perbedaan besar antara seseorang yang benar-benar tertarik pada Anda atau pada apa yang Anda katakan, dan seseorang yang berpura-pura tertarik karena mereka membutuhkan sesuatu dari Anda.
 
Seseorang yang benar-benar tertarik, mungkin mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda, karena mereka ingin tahu lebih banyak tentang Anda, dan akan mengingat apa yang Anda katakan kepada mereka. Mereka akan mengingat wajah dan nama Anda.
 
Seseorang yang berpura-pura tertarik mungkin memberi Anda perhatian pada saat tertentu, karena mereka membutuhkan sesuatu dari Anda, tetapi otak mereka bahkan tidak mau repot-repot menyimpan informasi yang Anda berikan kepada mereka.
 
Orang-orang ini mungkin tidak akan menyapa Anda saat bertemu lagi, dan bersikap baik hanya saat mereka bisa mendapatkan sesuatu dari Anda.
 
4. Mereka tidak sabar 

Bayangkan Anda sedang berada di restoran dengan seorang teman dan memanggil pelayan untuk memesan makanan. Pelayannya merupakan orang baru di kota itu dan tidak dapat berbicara bahasa Indonesia dengan baik karena dia baru saja pindah dari negara lain.
 
Dia tidak paham dengan apa yang ingin di pesan teman Anda, jadi dia dengan ramah meminta teman Anda untuk mengulangi pesanannya.
 
Alih-alih dengan sabar mengulangi pesanannya, teman Anda justru menjadi tidak sabaran dan mulai meneriaki pelayan tersebut, serta meminta pelayan lain yang mengerti bahasa Indonesia.
Menjadi tidak sabar dan meneriaki seseorang alih-alih menggunakan empati, adalah perilaku yang memberi tahu Anda banyak tentang seseorang. Jika mereka memperlakukan orang asing seperti itu, mereka mungkin akan memperlakukan Anda dengan cara yang sama cepat atau lambat.
 
Perilaku seperti pengalihan kesalahan, pasif-agresif, berpura-pura tertarik, dan kurangnya empati mungkin sulit untuk dilihat, tetapi kadang-kadang mereka ada di sana, tepat di bawah hidung Anda, dan mereka memberitahu Anda banyak tentang seseorang.
 
Faktanya, ketika Anda melihat perilaku ini, Anda mungkin berurusan dengan orang yang bermasalah dan hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menetapkan batasan yang sehat dengan mereka. Hidup ini terlalu singkat untuk membiarkan seseorang menambahkan hal negatif ke dalam hidup Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro