Jerawat/pixabay
Health

Ini Cara Ampuh Lawan Jerawat Dari Dalam

Annasa Rizki
Kamis, 23 September 2021 - 22:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jerawat menjadi masalah yang sering muncul pada banyak orang. Masalah ini dapat terjadi karena perubahan musim maupun gaya hidup dengan mengonsumsi makanan berlemak.

Hampir semua orang pernah mengalami gangguan kulit ini dan berusaha untuk mencegahnya dengan berbagai cara.  

Sementara itu, perawatan kulit banyak ditawarkan mulai dari serum, krim, hingga suntik jerawat. Selain perawatan dari luar, kita bisa mencegah jerawat dari dalam. Jika anda ingin kulit yang bebas jerawat, seimbangi perawatan kulit dengan diet berikut ini.  

1. Hindari Konsumsi Gorengan  

Makanan kesukaan banyak orang seperti kentang goreng, samosa, bakwan, dan gorengan lainnya dapat menaikkan kadar kolesterol yang akan mengganggu sirkulasi darah. Hal tersebut menyebabkan munculnya jerawat atau bahkan memperparah jerawat. Hindari konsumsi makanan tersebut apabila ingin memiliki muka bebas jerawat.

2. Hindari Konsumsi Susu

Jerawat dapat disebabkan karena alergi produk susu. Hormon pertumbuhan banyak ditemukan di dalam susu sapi seperti Bovine Insulin-Like Growth Factor 1 (IGF-1). Setiap anda mencerna hormon ini dari susu, kulit akan terkena dampaknya. Kandungan whey dalam susu memiliki efek androgenik yang dapat mengganggu hormon, memicu pertumbuhan jerawat, dan rambut di wajah.

3. Kurangi Konsumsi Garam  

Konsumsi garam berlebihan pada dasarnya menjadi hal yang berbahaya untuk kesehatan. Selain itu juga  dapat menimbulkan jerawat. Hal itu dikarenakan garam mengandung iodin yang merupakan penyebab umum jerawat.

4. Hindari Konsumsi Makanan Olahan  

Lemak jenuh dan trans yang dikonsumsi dapat meningkatkan produksi sebum di kulit. Munculnya jerawat dapat dikarenakan hal ini terlalu banyak konsumsi makanan olahan seperti cepat saji.

5. Hindari Konsumsi Makanan dengan Indeks glikemik yang tinggi  

Jenis makanan dan minuman seperti sirup jagung, tepung putih, biji-bijian olahan, saus tomat, soda, minuman penambah energi, jus, hingga daging olahan memiliki gula yang tersembunyi. Makanan tersebut sebisa mungkin harus dihindari karena kandungan glikemiknya tinggi dan menyebabkan jerawat.

6. Perbanyak konsumsi Omega-3 

Perbanyak konsumsi flaxseeds, biji chia, dan minyak ikan agar kulit tetap terjaga kesehatannya. Makanan ini meningkatkan kesehatan kulit dan bermanfaat bagi pencernaan.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Zinc  

Biji labu, kerang, dan kacang merah dapat mencegah pembentukan jerawat dengan melawan bakteri. Makanan dengan kadar zinc yang cukup akan membantu wajah menjadi terawat dan lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro