Gejala Flu. /AntaraNews
Health

Obesitas Membuat Anda Lebih Berisiko Sering Terkena Flu Lho

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 26 September 2021 - 10:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Infeksi pernapasan umum terjadi di musim dingin, termasuk flu.

Orang-orang dari semua kelompok umur sama-sama rentan terhadapnya. Tetapi risiko keparahan dan rawat inap banyak terjadi pada mereka yang menderita kondisi autoimun dan obesitas.

Bahkan orang di ambang obesitas bisa terkena flu parah di musim ini dan alasannya adalah kelebihan lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Penyimpanan lemak dalam tubuh tidak buruk bagi kesehatan jika proporsional. Terlalu banyak dapat melemahkan sistem kekebalan dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi musiman seperti flu.

Orang gemuk dan kelebihan berat badan tidak hanya mengembangkan gejala yang parah tetapi juga lebih mungkin menyebarkan infeksi ke orang lain yang melakukan kontak dengan mereka.

Infeksi virus ditularkan ke orang lain ketika orang yang terinfeksi melepaskan patogen saat berbicara, bersin atau batuk. Bahkan ketika mereka tidak menunjukkan gejala apa pun, mereka dapat mentransfer patogen ke orang lain. Seluruh proses ini dikenal sebagai pelepasan virus. Tingkat shedding lebih tinggi pada awal infeksi virus.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang gemuk melepaskan virus untuk waktu yang lebih lama dibandingkan dengan orang yang sehat dan dalam jumlah yang lebih banyak. Itu berarti mereka yang ada di sekitar mereka lebih rentan terinfeksi.

Satu-satunya cara untuk melindungi diri sendiri adalah dengan mengambil beberapa tindakan yang sehat. Mengambil tindakan pencegahan bahkan lebih penting saat ini ketika kita masih memiliki ketakutan akan infeksi COVID-19, yang mungkin akan bertambah buruk di musim dingin. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan agar tetap sehat.

1. Ikuti kebiasaan kebersihan yang sehat

Cuci tangan dengan sabun dan air dan gunakan tisu saat batuk dan bersin. Ini adalah beberapa kebiasaan kebersihan dasar yang harus diikuti setiap orang.

2. Makan sehat

Sangat penting bagi orang gemuk dan kelebihan berat badan untuk kehilangan lemak ekstra dan menjadi bugar untuk tetap hidup lama tanpa penyakit. Kurangi makanan olahan dan sertakan diet yang lebih seimbang dalam rutinitas harian Anda.

3. Olahraga

Cobalah untuk tetap aktif secara fisik, baik Anda melakukannya dengan pergi ke gym atau melakukan latihan ringan di rumah. Sertakan kedua latihan latihan kekuatan kardio untuk membakar lemak.

4. Dapatkan suntikan flu

Lebih baik mendapatkan suntikan flu tahunan sebelumnya untuk mengurangi risiko infeksi parah. Hal ini diperlukan untuk semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro