Ilustrasi kolagen
Fashion

Efek Utama Mengkonsumsi Suplemen Kolagen

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 26 September 2021 - 12:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika berbicara tentang cara mencegah penuaan dini dan tetap awet muda, orang akan berpikir tentang kolagen.

Kini, kolagen tersedia dalam bentuk pelembab wajah, bubuk protein, sup, dan bahkan krimer kopi! Tapi pertanyaannya adalah, apakah ada manfaat kesehatan dari kolagen, atau hanya sekedar hype?

Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, penulis The Sports Nutrition Playbook dan anggota dewan ahli medis kami, yang menunjukkan bahwa salah satu efek utama dari mengonsumsi suplemen kolagen adalah bahwa mereka benar-benar dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda!

"Kolagen adalah protein utama yang diproduksi tubuh Anda yang merupakan bagian dari kulit, ligamen, tendon, dan otot Anda. Ini berperan dalam memperkuat kulit Anda sambil memberi manfaat elastisitas dan hidrasi," kata Goodson dilansir dari Eat This.

Menurut Harvard School of Public Health, produksi kolagen tubuh Anda juga bertanggung jawab untuk menciptakan dan menjaga kesehatan jaringan ikat Anda. Sementara tubuh Anda bekerja keras untuk memproduksi kolagen sendiri, kadarnya menurun setiap tahun.

"Seiring bertambahnya usia, tubuh kita secara alami memproduksi lebih sedikit kolagen, yang seiring waktu dapat berkontribusi pada kulit kering, keriput, dan elastisitas kulit berkurang," kata Goodson.

Seiring bertambahnya usia dan mulai kehilangan kolagen alami dari tubuh mereka, mereka mungkin memutuskan untuk meningkatkan asupannya. Berikut adalah beberapa cara umum Anda dapat memasukkan lebih banyak kolagen ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Makanan kaya kolagen

Menurut Harvard, kita bisa mendapatkan lebih banyak kolagen dengan mengonsumsi produk hewani tertentu—khususnya makanan yang mengandung jaringan ikatnya sendiri, seperti ayam, ikan, babi, dan sapi. Beberapa makanan bahkan dianggap lebih baik daripada suplemen kolagen!

Meskipun kolagen tidak ditemukan secara alami dalam produk nabati, ada makanan tertentu yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen tubuh Anda.

Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lifestyle Medicine melaporkan bahwa tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, yang dapat ditemukan dalam makanan seperti kangkung, brokoli, jeruk, dan stroberi.

Seiring dengan vitamin C, tubuh Anda membutuhkan seng untuk memproduksi kolagen juga. Anda dapat menemukan seng dalam makanan seperti tiram, oatmeal, lobster, hati sapi, kacang mete, dan buncis.

Suplemen kolagen

Adalah umum untuk melihat perusahaan yang menjual krim wajah dan lotion dengan kolagen sebagai bahan utama, tetapi ini sebenarnya telah terbukti tidak efektif oleh dokter kulit karena kolagen ditemukan di lapisan kulit Anda, bukan di permukaan.

Sebaliknya, suplemen kolagen dalam bentuk pil atau bubuk dikenal dapat membantu tubuh Anda melawan penuaan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Menurut sebuah studi dari Nutrients, peserta melihat peningkatan signifikan dalam hidrasi, elastisitas, dan kehalusan kulit mereka setelah mengonsumsi suplemen kolagen cair selama 12 minggu.

"Manfaat suplemen kolagen untuk mengurangi kerutan telah dikaitkan dengan kemampuannya untuk merangsang tubuh Anda untuk memproduksi lebih banyak kolagen dengan sendirinya," kata Goodson. "Bukan berarti jika Anda mengonsumsi kolagen, Anda tidak akan memiliki kerutan, tapi itu pasti bisa membantu!"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro