Ilustrasi menurunkan berat badan/Istimewa
Health

Bukan Diet! Ini 5 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Rika Anggraeni
Senin, 27 September 2021 - 13:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika ingin menurunkan berat badan, Anda harus mengubah kebiasaan dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Siapa sangka, Anda tidak perlu melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Banyak orang ingin langsing agar berpenampilan baik. Padahal, tujuan menurunkan berat badan bukan hanya untuk menjaga penampilan. Lebih dari itu, Anda bisa lebih sehat dan cenderung menikmati kualitas hidup yang lebih tinggi.

Perjalanan penurunan berat badan setiap orang berbeda-beda. Siapa sangka, ada cara tertentu yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan tanpa diet.

Dilansir dari Times of India pada Senin (27/9/2021), berikut 5 cara menurunkan berat badan dengan mudah dan tentunya tanpa diet.

1. Makan Protein saat Sarapan

Mengkonsumsi protein untuk sarapan dapat meningkatkan metabolisme Anda. Pastikan untuk mengonsumsi sumber daging tanpa lemak dalam setiap makanan, mulai dari dada ayam, tuna ringan, salmon, telur, udang. tahu, susu rendah lemak, susu kedelai, kacang-kacangan, atau kecambah.

2. Kendalikan Camilan

Jika Anda termasuk individu yang sering makan camilan karena bosan, cobalah beralih minum minuman panas dan rendah kalori.

Anda bisa mengonsumsi teh hijau dan teh herbal apabila merasa bosan. Katekin dalam teh hijau meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh Anda membakar lemak dengan cepat. Jika Anda tidak menambahkan susu dan gula, maka berarti minuman ini tidak mengandung kalori.

3. Kunyah Makanan dengan Benar

Setiap kali makan, Anda harus mengunyah makanan sebanyak 25 kali sebelum menelannya. Hal ini dikarenakan pencernaan dimulai dengan enzim dalam air liur, sehingga Anda perlu membantu sistem pencernaan dengan makan perlahan.

Dengan mengunyah sebanyak 25 kali, maka bisa membantu Anda menikmati makanan dan memberi sinyal ke otak saat Anda sudah merasa kenyang.

4. Tambahkan Serat

Serat menambah volume pada makanan tanpa menambahkan banyak kalori. Dengan kata lain, serat membuat Anda kenyang lebih lama dan membutuhkan waktu dalam prosesnya yang menghentikan Anda dari makan berlebihan. Anda dapat memulai hari dengan mengonsumsi beberapa gandum untuk mendapatkan serat dan nutrisi yang dibutuhkan.

5. Tambahkan Rempah-rempah

Rempah-rempah tidak hanya menambah cita rasa pada makanan Anda, tetapi juga merangsang selera Anda dan membantu Anda tetap puas.

Misalnya, saat Anda makan makanan pedas, Anda makan perlahan dan minum lebih banyak air. Makanan pedas seperti cabai dapat meningkatkan metabolisme dalam waktu singkat dengan melepaskan hormon seperti adrenalin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro