Secangkir teh hijau/istimewa
Health

Antioksidan dalam Teh Hijau Mengandung Anti Kanker Alami

Ni Luh Anggela
Selasa, 28 September 2021 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau dapat meningkatkan kadar p53, protein anti kanker alami, yang dikenal sebagai ‘penjaga genom’ karena kemampuannya untuk memperbaiki kerusakan DNA atau menghancurkan sel kanker.
 
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature Communications, ada hubungan langsung antara p53 dan senyawa teh hijau, epigallocatechin gallate (EGCG), yang menunjuk ke target baru untuk penemuan obat kanker.
 
Chunyu Wang, penulis korespondensi dan profesor ilmu biologi di Rensselaer Polytechnic Institute, mengatakan, molekul p53 dan EGCG keduanya sangat menarik. Mutasi pada p53 ditemukan pada lebih dari 50 persen kanker manusia, sedangkan EGCG adalah antioksidan utama dalam teh hijau, minuman populer di seluruh dunia.
 
“Sekarang kami menemukan bahwa ada interaksi langsung yang sebelumnya tidak diketahui antara keduanya, yang menunjukkan jalur baru untuk mengembangkan obat anti-kanker. Pekerjaan kami membantu menjelaskan bagaimana EGCG mampu meningkatkan aktivitas anti-kanker p53, membuka pintu untuk mengembangkan obat dengan senyawa mirip EGCG,” kata Wang.
 
Melansir Times of India, Selasa (28/9/2021), P53 memiliki beberapa fungsi anti-kanker yang terkenal, termasuk menghentikan pertumbuhan sel untuk memungkinkan perbaikan DNA, mengaktifkan perbaikan DNA, dan memulai kematian sel terprogram yang disebut apoptosis,  jika kerusakan DNA tidak dapat diperbaiki. Salah satu ujung protein, yang dikenal sebagai domain terminal-N, memiliki bentuk yang fleksibel, dan oleh karena itu, berpotensi melayani beberapa fungsi tergantung pada interaksinya dengan banyak molekul.
 
Sementara itu, EGCG adalah antioksidan alami, yang berarti membantu memperbaiki kerusakan hampir konstan yang disebabkan oleh penggunaan metabolisme oksigen.

Ditemukan berlimpah dalam teh hijau, EGCG juga dikemas sebagai suplemen herbal. Tim Wang menemukan bahwa interaksi antara EGCG dan p53 menjaga protein dari degradasi. Biasanya, setelah diproduksi di dalam tubuh, p53 dengan cepat terdegradasi ketika domain terminal-N berinteraksi dengan protein yang disebut MDM2. Siklus produksi dan degradasi yang teratur ini mempertahankan tingkat p53 pada konstanta yang rendah.
 
Baik EGCG dan MDM2 mengikat di tempat yang sama pada p53, domain terminal-N, sehingga EGCG bersaing dengan MDM2.
 
Wang menjelaskan, saat EGCG berikatan dengan p53, protein tidak terdegradasi melalui MDM2, sehingga kadar p53 akan meningkat dengan interaksi langsung dengan EGCG, dan itu berarti ada lebih banyak p53 untuk fungsi anti-kanker. “Ini adalah interaksi yang sangat penting,” katanya.
 
“Dengan mengembangkan pemahaman tentang mekanisme tingkat molekuler yang mengontrol interaksi biokimia kunci terkait dengan penyakit yang menghancurkan seperti kanker dan penyakit Alzheimer, Penelitian Chunyu meletakkan dasar bagi terapi baru dan sukses,” kata Curt Breneman, dekan Rensselaer School of Sains.
 
Penelitian “EGCG Mengikat Domain N-Terminal yang Terganggu Secara Intrinsik dari p53 dan Mengganggu Interaksi p53-MDM2” diterbitkan dengan dukungan dari beberapa hibah dari National Institutes of Health.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro