Ilustrasi hipertensi/istimewa
Health

Tekanan Darah Tetap Tinggi, Awas Risiko Kematian Mengintai 

Dinda Aulia Ramadhanty
Selasa, 28 September 2021 - 21:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan telah memperingatkan bahwa orang-orang yang tekanan darahnya yang tinggi memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Melansir pada thesun.co.uk, Selasa (28/9/2021), ada fenomena orang yang memiliki darah tinggi dan sulit mengalami penurunan tekanan darah pada  malam hari.

Ada istilah reverse dipping yaitu ketika tekanan darah malam hari tetap pada tingkat siang hari atau meningkat. Pola tekanan darah abnormal ini terlihat pada mereka yang sudah memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), pengidap diabetes, masalah ginjal atau tiroid. 

Menurut suatu penelitian, pada penderita diabetes berpotensi mengalami gangguan jantung. Hal ini dikutip dari publikasi ilmiah American Heart Association's Hypertension yang mengungkap dan mengamati para pengidap diabetes selama 21 tahun dalam rentang waktu 1999-2020. 

Ada beberapa tips pengobatan bagi penderita hipertensi yang bisa Anda lakukan agar selalu sehat. Mulai dari obat-obatan, penyesuaian gaya hidup, hingga pengobatan alternatif. 

  1. Obat-obatan

Obat tekanan darah memiliki efek yang berbeda-beda pada tubuh. Dokter mendefinisikan hipertensi resisten sebagai tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 mmHg setelah pengobatan dengan tiga obat atau lebih.

  1. Penyesuaian Gaya Hidup

- Makan makanan yang bergizi termasuk makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Seseorang juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium dan protein tetapi dengan rendah lemak jenuh dan garam.

- Lakukan aktivitas fisik dengan waktu 150-300 menit untuk olahraga sedang, 75-150 menit untuk olahraga berat atau lakukan aktivitas kombinasi olahraga sedang dan berat per minggu.

- Untuk yang memiliki berat badan sedang, makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu memanajemen berat badan. Salah satu rekomendasinya dengan melakukan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yang membatasi konsumsi daging merah, garam, dan gula tambahan.

- Berhentilah merokok karena rokok mampu meningkatkan tekanan darah dan risiko serangan jantung dan stroke.

- Tidurlah yang cukup, seseorang yang kurang tidur sangat berisiko mengalami hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

- Batasi asupan alkohol karena alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Laki-laki disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari dua gelas alcohol per hari. Sedangkan, perempuan disarankan tidak mengonsumsi alkohol lebih dari satu gelas per hari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro