Masyarakat Indonesia menanti hari belanja online nasional (Harbolnas) 10.10. - istimewa
Relationship

Tips Belanja Harbolnas 10.10 Agar Dompet Tidak Jebol

Annasa Rizki
Kamis, 7 Oktober 2021 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hari belanja online nasional atau harbolnas 10.10 akan segera hadir pada akhir pekan ini. Berbagai e-commerce, sejak awal bulan Oktober sudah memberikan beragam promo dalam menyambut tanggal cantik 10.10.

Kegiatan harbolnas diadakan untuk mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja secara daring. Pada prakteknya, tak jarang banyak yang kalap akibat diskon dan promo yang diberikan. Alhasil, barang yang sudah dibeli, dirasa tidak berguna atau bahkan malah terbuang.  

Maka dari itu, jangan langsung tergiur dengan harga murah. Simak tips belanja menyambut harbolnas 10.10 agar uang kamu tetap aman! 

1. Tentukan anggaran 

Penentuan anggaran belanja online wajib dilakukan agar uang yang Anda miliki tidak langsung menguap begitu saja. Anda dapat membuat anggaran atau daftar pengeluaran agar uang yang dimiliki jelas status keberadaanya.  

Setelah mengalokasikan uang untuk kebutuhan sehari hari, sisihkan uang untuk kebutuhan harbolnas. Meskipun banyak barang ‘murah’, bukan berarti Anda harus langsung membeli semuanya. Tentukan kembali barang sesuai daftar kebutuhan dengan anggaran yang ada.  

2. Buat daftar kebutuhan 

Membuat daftar kebutuhan akan memudahkan Anda untuk fokus belanja. Melalui daftar atau list, kemungkinan Anda untuk tergiur belanja barang yang tidak dibutuhkan akan berkurang. 

3. Urutkan kebutuhan berdasarkan prioritas  

Setelah Anda mendaftar kebutuhan, urutkan berdasarkan prioritas. Gunakan skala prioritas pada rencana belanja Anda. Promo harbolnas akan berlangsung setiap bulannya, maka Anda tidak perlu takut tertinggal karena bulan selanjutnya akan ada lagi.  

4. Bandingkan harga dan kualitas di beberapa e-commerce  

Jadilah pembeli yang cermat. Manfaatkan berbagai aplikasi untuk membandingkan harga dan kualitas terbaik barang yang dibutuhkan. Setelah Anda mendapatkan yang terbaik, simpan dalam keranjang belanja agar tidak perlu mencari-cari lagi.  

5. Cek promo  

E-commerce biasanya memberikan jadwal promo yang akan berlangsung dalam menyambut harbolnas. Anda harus segera cek kalender untuk menentukan kapan harus membeli barang yang sedang dibutuhkan. Jika Anda sedang membutuhkan gawai, segera cek hari di mana promo khusus gawai berlangsung.  

6. Klaim kupon  

Selain promo harga, platform belanja online juga banyak menyediakan kupon diskon tambahan. Tak jarang juga memberikan promo gratis ongkir, baik dengan pilihan sameday maupun reguler. Segera klaim kupon yang tersedia untuk mengurangi biaya maupun mendapatkan cashback.  

7. Pasang pengingat 

Setelah Anda selesai memeriksa barang barang yang akan dibeli, pasang alarm atau pengingat agar tidak tertinggal promo tersebut. Promo biasanya berlangsung hanya pada waktu tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro