Ilustrasi kesehatan mental terganggu saat pandemi Covid-19/Freepik.com
Health

4 Hal Sederhana yang dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Ni Luh Anggela
Senin, 11 Oktober 2021 - 11:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak hanya masalah kesehatan fisik saja, masalah kesehatan mental juga telah menjadi tantangan kesehatan yang perlu untuk diselesaikan.  Masalah kesehatan mental juga terus menghadapi tantangan yang berkelanjutan sebagai akibat dari pandemi virus corona.
 
Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu, mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Senin (11/10/2021), mengatakan Covid-19 telah menyebarkan perasaan kecemasan, ketakutan, tekanan mental akibat dari isolasi, pembatasan jarak fisik dan hubungan sosial, serta ketidak pastian.
 
“Hal-hal tersebut  tentu berdampak terhadap terjadinya peningkatan masalah dan gangguan kesehatan jiwa di masyarakat,” katanya.
 
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.
 
Candice Smith, Kepala Kesejahteraan di AIA Australia, berbagi 4 hal sederhana yang dapat Anda lakukan hari ini (atau besok, atau hari apa pun itu) untuk membantu meningkatkan kesehatan mental Anda, satu langkah kecil setiap kali, seperti dilansir dari  Yahoo Lifestyle, Senin (11/10/2021).

1. Tidur lebih awal malam ini

Pola tidur yang kurang optimal telah dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih buruk, jadi Candice menyarankan untuk tidur antara 7 dan 9 jam setiap malamnya.
 
“Praktikan kebersihan tidur dengan mengatur waktu tidur dan bangun yang teratur, bersantai sebelum tidur, menghindari stimulan malam dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman,” saran Candice.
 
Apabila Anda kesulitan untuk tidur, Candice menyarankan untuk melakukan intervensi relaksasi atau perhatian seperti sesi perhatian yang melibatkan fokus pernapasan, meditasi terpandu, teknik relaksasi otot, atau mendengarkan musik klasik.

2. Jalan kaki 5 menit

Aktivitas fisik secara teratur dikaitkan dengan rasa kesejahteraan yang lebih besar dan tingkat depresi dan kecemasan yang lebih rendah.  Ini dikarenakan aktivitas fisik menghasilkan endorfin, juga disebut bahan kimia ‘merasa nyaman’. Bahan kimia ini berdampak positif pada kesejahteraan.
 
Olahraga juga meningkatkan kesejahteraan jangka panjang melalui pembangunan ketahanan terhadap stres, peningkatan kualitas tidur, dan peningkatan harga diri.
 
Aktivitas apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali untuk kesejahteraan mental dan kesehatan secara keseluruhan. Temukan aktivitas yang Anda sukai untuk memotivasi diri Anda untuk mengambil bagian secara teratur dan mengembangkan kebiasaan.

3. Lakukan pernapasan selama 2 menit

“Program mindfulness telah terbukti mengurangi beberapa dimensi negatif dari stres psikologis, termasuk peningkatan kecemasan, depresi dan rasa sakit kronis,” kata Candice.
 
Melatih perhatian penuh meningkatkan kesejahteraan, karena membantu kesadaran diri dan pemahaman, membantu orang membuat pilihan yang selaras dengan nilai-nilai mereka.

4. Makan makanan sehat dan bernutrisi

Ada semakin banyak bukti hubungan antara kualitas makanan kita dan kesehatan mental kita.
 
“Tingkatkan asupan biji-bijian, sayuran, buah, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak dan tanpa pemanis (atau alternatif susu), kacang mentah dan tanpa garam, ikan, daging merah tanpa lemak, ayam, telur, dan minyak zaitun,” saran Candice.
 
Sementara itu, kurangi asupan makanan ‘ekstra’ Anda, seperti permen, sereal olahan, gorengan, makanan cepat saji, daging olahan, dan minuman manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro