Ilustrasi/Thelinenfactory
Health

Bahayanya Bernapas Lewat Mulut saat Tidur

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 Oktober 2021 - 12:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda terbiasa bernapas melalui mulut saat tidur?

Pernapasan memberi tubuh kita oksigen dan membantu kita melepaskan karbon dioksida. Kita semua bernafas melalui hidung. Tetapi dalam kasus hidung tersumbat, kita akhirnya bernapas melalui mulut, terutama saat tidur.

Meskipun kita mungkin menganggap kebiasaan ini tidak berbahaya, sebenarnya cukup berbahaya.

Bernapas melalui hidung dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Berikut beberapa di antaranya seperti yang dilansir dari times of India:

Pernapasan hidung penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Ini membantu dalam membantu penurunan berat badan. 

“Sistem saraf otonom kita memiliki dua cabang utama simpatik dan parasimpatis. Cabang simpatik bertanggung jawab atas 'respons melawan atau berkegiatan kita, sedangkan cabang parasimpatis bertanggung jawab atas' respons istirahat dan cerna. Pada dasarnya, cabang simpatik membuat Anda bersemangat dan siap untuk bergerak, dan cabang parasimpatis mengerem dan mendinginkan tubuh Anda”. ujar ahli.

Dia mengatakan pernapasan mulut membuat tubuh Anda condong ke keadaan simpatik, sedangkan pernapasan hidung mengaktifkan respons parasimpatis. Jika tubuh terjebak dalam keadaan ini karena stres kronis dan disfungsi pernapasan, dan Anda bernapas dengan mulut pada malam hari, akan membuat tubuh menjadi bekerja saat tidur. 

“Karena sebagian besar proses pemulihan ini terjadi saat Anda tidur, sangat penting untuk bernapas dengan cara yang mengubah keadaan sistem saraf Anda ke mode 'istirahat dan cerna'. Inilah sebabnya mengapa pernapasan hidung sangat penting untuk menurunkan berat badan.” tambahnya. 

Dia menambahkan, orang hanya beralih ke pernapasan oral ketika saluran hidung tersumbat. Suplemen vitamin C (dan makanan) berkualitas baik, kurkumin (membuka penyumbatan sinus), makanan dan suplemen kaya seng benar-benar dapat membantu meningkatkan pernapasan hidung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro