Ilustrasi: Anak bermain gadget
Fashion

Seharian di Depan Laptop ? Berikut Tips Cegah Computer Vision Syndrome

Ni Luh Anggela
Selasa, 12 Oktober 2021 - 17:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini, banyak dari kita memiliki pekerjaan yang mengharuskan kita menatap layar komputer selama berjam-jam, dan  itu bisa membuat mata Anda tegang.
 
Masalah mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer termasuk dalam kategori Computer Vision Syndrome (CVS). Orang dewasa yang bekerja bukan satu-satunya yang terpengaruh. Anak-anak yang menatap tablet atau menggunakan komputer di siang hari di sekolah juga dapat mengalami masalah, terutama jika pencahayaan dan postur mereka kurang ideal.
 
CVS mirip dengan carpal tunnel syndrome dan cedera gerakan berulang lainnya yang mungkin Anda alami di tempat kerja. CVS dapat timbul karena beberapa sebab, meliputi:

·         Mata Anda mengikuti jalan yang sama berulang-ulang, dan akan menjadi lebih buruk jika Anda terus melanjutkan gerakan.
·         Mata Anda terus berfokus, dan bergerak maju mundur saat Anda membaca.
·         Cahaya yang dipancarkan dari layar menambah beban kerja pada otot mata.
·         Anda lebih jarang berkedip saat menggunakan komputer sehingga menyebabkan mata Anda menjadi kering dan mengaburkan penglihatan secara berkala saat bekerja.
 
Penelitian menunjukkan bahwa antara 50 persen dan 90 persen orang yang bekerja di depan layar komputer memiliki setidaknya beberapa gejala.  Anda mungkin akan mengalami gejala seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda, mata kering atau merah, iritasi mata, sakit kepala hingga sakit leher atau punggung.
 
Jika Anda tidak melakukan apapun untuk mengobati gejala CVS, ini dapat berdampak buruk pada mata Anda, dan kinerja pekerjaan Anda.
 
Melansir WebMD, berikut cara memperbaiki gejala dan mencegah CVS yang perlu Anda ikuti.

1.  Atur pencahayaan
Ubah pencahayaan di sekitar Anda untuk mengurangi efek pada layar komputer Anda. Jika cahaya dari jendela terdekat memancarkan silau, pindahkan monitor Anda dan tutup tirai. Anda dapat membeli lampu meja dengan naungan yang dapat dipindahkan, yang memancarkan cahaya secara merata di atas meja Anda. Anda juga dapat menambahkan filter silau ke monitor Anda.
 
2. Atur perangkat komputer Anda
Apabila Anda tidak nyaman dengan pengaturan yang dipasang dari pabrik, Anda dapat mengubahnya. Sesuaikan kecerahan, kontras dan ukuran font hingga mata Anda merasa nyaman.
 
3. Istirahatkan mata Anda
Cobalah mengikuti aturan 20-20-20. Alihkan pandangan dari layar setiap 20 menit atau lebih dan lihat sesuatu yang berjarak sekitar 20 kaki selama sekitar 20 detik. Sering-seringlah berkedip agar mata Anda tetap lembab. Jika terasa kering, cobalah menggunakan beberapa tetes mata.
 
4. Atur ulang meja Anda
Posisi terbaik untuk monitor Anda sedikit di bawah ketinggian mata, sekitar 20 hingga 28 inci dari wajah Anda. Anda tidak perlu meregangkan leher atau meregangkan mata untuk melihat apa yang ada di layar.
 
Letakkan dudukan di samping monitor Anda dan letakkan materi cetak apa pun yang Anda gunakan untuk mengerjakannya. Dengan begitu, Anda tidak perlu melihat ke atas ke layar dan kembali ke meja saat Anda mengetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro