Ilustrasi gagal jantung mendadak pada usia muda/Istimewa
Health

Awas! 5 Gejala Gagal Jantung: Kelelahan hingga Sesak Napas

Ithamar Yaomi DC
Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Insiden gagal jantung sangat berbahaya dan berpotensi mengancam jiwa. Ini 5 gejala penyakit gagal jantung yang perlu Anda waspadai. Segera cek kondisi tubuh!

Kombinasi antara penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertesi, dan faktor psikis, misalnya stres tinggi serta gaya hidup tidak sehat membuat masyarakat rentan terkena penyakit gagal jantung.

Gagal jantung merupakan kondisi progresif, melemahkan, dan berpotensi mengancam jiwa. Dilansir Times of India, kondisi tersebut membuat jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi tubuh karena melemahnya atau kakunya otot jantung dari waktu ke waktu.

Di India, penyakit gagal jantung mempengaruhi hampir 8 hingga 10 juta orang dan berkontribusi pada sekitar 1,8 juta pasien rawat inap setiap tahun.

Gejala awal gagal jantung mungkin tidak kentara atau bahkan mirip dengan tanda-tanda seseorang berusia tua. Meski demikian, tanda sekecil apapun tidak boleh diabaikan.

Berikut 5 gejala gagal jantung speerti dikutip dari Times of India, Rabu (13/10/2021). Waspadai tanda-tanda jika Anda mulai kelelahan hingga mengalami sesak napas.

1. Kelelahan dan kelemahan konstan

Ketika otot jantung menjadi lemah, jantung tidak dapat memompa cukup darah yang mengakibatkan berkurangnya jumlah oksigen yang beredar di dalam tubuh.

Hal ini dapat membuat seseorang merasa lelah sepanjang waktu. Kondisi tersebt membuat aktivitas sehari-hari, seperti menaiki tangga, berjalan, atau membawa barang belanjaan, menjadi sulit. Kelelahan dan kelemahan yang terus-menerus tidak boleh dianggap enteng.

2. Sesak napas

Gagal jantung dapat menyebabkan retensi cairan (kelebihan) dalam tubuh, yang dapat berkumpul di paru-paru. Hal ini dapat mengakibatkan sesak napas, saat berolahraga atau bahkan melakukan aktivitas sehari-hari.

Sesak napas ini dapat membuat seseorang kelelahan dan cemas. Namun, ini tidak boleh disalahartikan hanya sebagai tanda penyakit pernapasan.

3. Pembengkakan tubuh 

Karena gagal jantung, darah bisa mulai menumpuk, terutama di pergelangan kaki. Penumpukan cairan ini dapat menyebabkan pembengkakan yang nyata di pergelangan kaki atau perut.

4. Kenaikan berat badan

Jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang cepat, maka Anda perlu waspada retensi cairan di seluruh tubuh. Kenaikan berat badan yang tiba-tiba tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi salah satu gejala gagal jantung.

5. Detak jantung cepat atau tidak teratur

Karena pemompaan darah yang tidak efisien, jantung dapat mempercepat untuk mengkompensasi, menghasilkan detak jantung yang cepat atau tidak teratur sehingga menimbulkan ensasi berdebar-debar atau palpitasi.

Sangat penting bagi pasien dengan kondisi kronis, seperti diabetes atau hipertensi, untuk memeriksakan diri secara teratur karena perawatan berkelanjutan mereka dapat mengurangi gejala gagal jantung.

Gejala-gejala ini dapat bervariasi untuk tiap orang. Dengan mengidentifikasi tanda-tanda awal dapat mengarah pada diagnosis dini dan manajemen penyakit yang efektif.

Melalui kombinasi pilihan perawatan lanjutan dan modifikasi gaya hidup dan pola makan yang sehat, gagal jantung dapat dikelola. Jika Anda mengalami salah satu gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk menghindari komplikasi kesehatan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro