Ilustrasi kanker payudara/boldsky
Relationship

7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Perawatan Kanker Payudara

Annasa Rizki
Rabu, 13 Oktober 2021 - 20:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penderita kanker payudara tidak hanya mengalami masa sulit menghadapi penyakitnya, tetapi juga secara mental.

Banyak perawatan kanker membuat perubahan fisik secara signifikan sehingga pasien akan kehilangan kepercayaan diri. Salah satunya yaitu rambut yang rontok akibat kemoterapi.

Alex, seorang penderita kanker payudara, melansir dari Healthline, Rabu (13/10/2021) membagikan 7 cara yang bisa kamu lakukan agar tetap percaya diri dan semangat dalam melawan kanker. 

1. Tempel Kata Motivasi di Cermin

Menempelkan kata-kata motivasi yang Anda sukai akan membuat Anda lebih semangat saat bercermin.

Kata-kata tersebut bisa berisi apa saja. Saat kamu bercermin, kamu tidak fokus ke rambut yang rontok, tapi ke kata-kata yang menempel.

2. Mix and Match Pakaian   

Tak ada salahnya untuk mengenakan pakaian setelan lengkap ataupun baju terbaik untuk kemo. Hal ini bisa meningkatkan mood Anda.  

Tubuh Anda banyak berubah selama perawatan. Anda dapat menambah atau menurunkan berat badan dan mengalami perubahan fisik lainnya. 

3. Eksperimen Gaya Rambut 

Kepala yang botak seringkali membuat Anda tidak percaya diri. Jangan takut untuk bereksperimen dengan gaya yang berbeda sampai Anda menemukan apa yang membuat Anda merasa terbaik.

Aksesoris yang digunakanan bisa topi, beanie, dan wig, atau Anda malah lebih percaya diri tanpa penutup kepala apapun. 

4. Cobalah Belajar Merias Wajah 

Alex kehilangan semua rambut bahkan alis selama kemo. Dia merasa sangat sulit dengan keadaannya tersebut.

“Saya memutuskan untuk mengambil pelajaran tata rias profesional dan kagum dengan hasilnya. Saya bahkan belajar cara mengaplikasikan bulu mata palsu,” ujar Alex, mengutip dari Healthline, Rabu (13/10/21).

Kegiatan tersebut tidak ia lakukan setiap hari, tapi hanya untuk acara-acara tertentu. Jika merias wajah adalah sesuatu yang Anda senangi, pastikan untuk memeriksa Sephora's Classes for Confidence, yang merupakan kelas makeup hanya untuk pejuang kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro