Vaksin Moderna/Kemenkes RI
Health

CDC AS Sahkan Dosis Booster untuk Vaksin Covid Moderna dan Johnson & Johnson

Ni Luh Anggela
Jumat, 22 Oktober 2021 - 19:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, Dr. Rochelle Walensky mengesahkan rekomendasi untuk dosis booster untuk vaksin virus corona Moderna dan Johnson & Johnson pada hari Kamis (22/10).
 
Pengesahan ini memungkinkan jutaan orang Amerika untuk mulai mendapatkan suntikan booster.
 
Walensky juga mendukung pendekatan mix-and-match untuk booster, dengan mengatakan orang yang memenuhi syarat dapat memilih vaksin mana pun yang mereka inginkan sebagai booster.
 
Komite Penasihat CDC untuk Praktik Imunisasi hanya beberapa jam sebelumnya memilih untuk menerima otorisasi penggunaan darurat Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA)AS untuk setiap vaksin, setelah diskusi yang cukup panjang tentang apakah otorisasi luas semacam itu diperlukan untuk Moderna.
 
Anggota setuju  bahwa orang yang mendapat vaksin Johnson & Johnson membutuhkan vaksinasi kedua, karena vaksin tersebut kurang efektif dibandingkan dengan vaksin Moderna dan Pfizer dalam mencegah infeksi.
 
“Sekarang ada rekomendasi booster untuk ketiga vaksin Covid-19 yang tersedia di Amerika Serikat,” kata CDC, melansir CNN, Jumat (22/10/2021). Mereka mengatakan, orang yang memenuhi syarat dapat memilih vaksin mana yang mereka terima sebagai dosis booster.
 
Beberapa orang mungkin memiliki preferensi untuk jenis vaksin yang awalnya mereka terima dan yang lainnya, mungkin lebih memilih untuk mendapatkan booster yang berbeda. Rekomendasi CDC sekarang memungkinkan jenis dosis mix-and-match ini untuk suntikan booster.
 
CDC menyelaraskan kembali rekomendasinya dengan rekomendasi yang ada untuk booster Pfizer, menempatkan booster Moderna dan Pfizer dalam kategori yang sama.
 
Untuk individu yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna Covid-19, kelompok berikut memenuhi syarat untuk suntikan booster pada 6 bulan atau lebih setelah seri awal mereka:

• 65 tahun ke atas
• Usia 18 tahun ke atas yang tinggal dalam pengaturan perawatan jangka panjang
• Usia 18 tahun ke atas yang memiliki kondisi medis yang mendasari
• Usia 18 tahun ke atas yang bekerja atau tinggal di lingkungan berisiko tinggi
 
Sementara itu, CDC menambahkan, untuk hampir 15 juta orang yang mendapatkan vaksin Johnson & Johnson Covid-19, suntikan booster juga direkomendasikan untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan yang divaksinasi dua bulan atau lebih yang lalu.
 
“Rekomendasi ini adalah contoh lain dari komitmen mendasar kami untuk melindungi sebanyak mungkin orang dari Covid-19. Bukti menunjukkan bahwa ketiga vaksin Covid-19 yang disahkan di Amerika Serikat aman, seperti yang ditunjukkan oleh lebih dari 400 juta dosis vaksin yang telah diberikan. Dan, semuanya sangat efektif dalam mengurangi risiko penyakit parah, rawat inap, dan kematian, bahkan di tengah maraknya varian Delta,” kata Walensky dalam sebuah pernyataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro