Vitamin/pro-natuna.ro
Health

Orang dengan 2 Penyakit Ini Berisiko Kekurangan Vitamin E, Apa Saja?

Ni Luh Anggela
Senin, 25 Oktober 2021 - 09:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Vitamin E merupakan Vitamin larut lemak yang berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan.
 
Tubuh dapat mengalami kekurangan Vitamin E, meskipun kasus ini jarang terjadi. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E untuk memenuhi asupan Vitamin E dalam tubuh Anda.
 
Kacang-kacangan seperti kacang tanah dan almond adalah sumber makanan yang banyak mengandung Vitamin E. Selain itu, kandungan Vitamin E juga terdapat pada kedelai, minyak biji bunga matahari, bibit gandum dan jagung.
 
Vitamin E membutuhkan lemak dari makanan untuk diserap dengan baik,” kata Dr Judith Marcin.
 
Namun, Penyakit tertentu dapat sangat mengurangi penyerapan lemak di tempat pertama, yang menyebabkan kekurangan nutrisi.
 
Ketika seseorang menjadi kekurangan Vitamin E, yang penting untuk sistem saraf pusat, ‘stres oksidatif’ terjadi; komplikasi kesehatan seperti itu dapat menyebabkan tanda peringatan yang dirasakan di seluruh tubuh.
 
Jika Anda mengalami kelemahan otot, Anda mungkin kekurangan Vitamin E. Selain itu, Marcin menyatakan bahwa kekurangan Vitamin E dapat menyebabkan kerusakan neuron Purkinje. Akibatnya, koordinasi seseorang terganggu dan menjadi lebih sulit untuk berjalan.
 
Tanda-tanda peringatan lain dari kekurangan Vitamin E termasuk kerusakan saraf, yang mengakibatkan mati rasa dan kesemutan pada anggota badan.
 
Kurangnya penyerapan Vitamin E juga dapat menyebabkan reseptor cahaya melemah di retina, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan seiring waktu.
 
Melansir Express, Senin (25/10/2021), beberapa Penyakit tertentu juga sangat mengurangi penyerapan lemak, yang mengakibatkan seseorang berisiko kekurangan Vitamin E.
1.       Penyakit Celiac
Penyakit celiac adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan Anda menyerang jaringan Anda sendiri  akibat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, menurut NHS.
 
Mengutip Alodokter, gluten adalah jenis protein yang dapat ditemukan di makanan tertentu seperti, biskuit, sereal, pasta dan roti. Protein ini berfungsi untuk membuat adonan roti atau makanan menjadi kenyal dan elastis.
 
Saat sistem kekebalan menyerang usus, kerusakan terjadi, dan memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengambil nutrisi. Penyakit ini dapat memicu serangkaian gejala seperti,diare, sakit perut, kembung dan buang angin, gangguan pencernaan, dan sembelit.
 
Ini juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kelelahan, penurunan berat badan yang tidak disengaja, ruam dan kerusakan saraf.
 
2.       Cystic Fibrosis (CF)
Kondisi kesehatan lain yang mendasari terkait dengan peningkatan risiko kekurangan Vitamin E adalah cystic fibrosis.  Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah kondisi genetik progresif yang menyebabkan infeksi paru-paru persisten.
 
Sebuah badan amal, CF Foundation menjelaskan, pada orang dengan CF, mutasi pada gen cystic fibrosis transmembrane conductance regulator (CFTR) menyebabkan protein CFTR menjadi tidak berfungsi.
 
Ketika protein tidak bekerja dengan benar, itu tidak dapat membantu memindahkan klorida (komponen garam) ke permukaan sel. Tanpa klorida untuk menarik air ke permukaan sel, lendir di berbagai organ menjadi kental dan lengket.
 
Di paru-paru, lendir yang kental dan lengket menyumbat saluran udara dan menjebak bakteri, menyebabkan peradangan dan infeksi.
 
Adapun penumpukan lendir di pankreas, itu mencegah pelepasan enzim pencernaan.Tanpa enzim pencernaan, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi penting, seperti Vitamin E.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro