Keju/Istimewa
Health

6 Makanan Tinggi Kolesterol Jahat, Kurangi Selagi Masih Muda

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kita semua tahu bahaya Kolesterol bagi tubuh dan dampaknya pada kesehatan.

Kolesterol tinggi bisa memicu masalah kesehatan berat seperti jantung yang bisa mengakibatkan kematian.

Kolesterol terdiri dari dua bentuk utama yaitu LDL (low-density lipoprotein), atau kolesterol "jahat", dan HDL (high-density lipoprotein), atau kolesterol "baik".

Mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol boleh saja, tetapi para ahli merekomendasikan agar Anda mengonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi sesedikit mungkin.

Jadi, Anda harus tahu makanan apa saja yang kadar kolesterolnya tinggi dan harus dihindari selagi masih usia muda seperti berikut ini dilansir dari Webmd:

1. Kuning Telur

Telur sering dianggap sebagai salah satu sumber kolesterol makanan terburuk. Satu telur mengandung sekitar 186 miligram kolesterol, yang lebih dari setengah dari asupan harian maksimum yang direkomendasikan. Semua kolesterol itu ditemukan dalam kuning telur.

2. Keju

Keju adalah pelanggar besar lainnya dalam hal kolesterol. Sepotong keju Monterey Jack, atau 21 gram, mengandung 18,7 miligram kolesterol. Sementara sedikit keju dalam diet Anda tidak akan merugikan, itu dapat dengan cepat menambah sumber utama kolesterol makanan.

3. Udang

Meskipun merupakan makanan rendah lemak, udang ternyata tinggi kolesterol. Satu porsi 4 ons udang memiliki 170 miligram kolesterol. Itu lebih dari setengah dari asupan harian yang Anda rekomendasikan.

4. Jeroan

Daging jeroan  seperti hati diketahui kaya akan vitamin dan nutrisi. Meskipun ini membuat mereka menjadi bagian yang sangat baik dari banyak diet, mereka bukan pilihan yang bagus untuk orang yang mencoba mengurangi kolesterol mereka. Satu porsi 3 ons hati sapi, misalnya, mengandung 333 miligram kolesterol.

5. Sarden

Mirip dengan udang, sarden adalah sumber makanan laut yang ampuh untuk kolesterol. Satu ons sarden mengandung sebanyak 40 miligram kolesterol, dan mudah untuk makan lebih dari satu ons sekaligus.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji cenderung tinggi lemak goreng dan hampir selalu melibatkan beberapa jenis produk hewani, yang dapat memperburuk kadar kolesterol Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan secara teratur di restoran cepat saji menyebabkan peningkatan kolesterol dan bahkan dapat menurunkan kolesterol "baik".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro