Retinol/retinol.com
Fashion

Mitos-mitos Seputar Retinol yang Sering Disalahpahami

Ni Luh Anggela
Rabu, 27 Oktober 2021 - 14:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Retinol adalah turunan vitamin A yang ditemukan dalam banyak formula perawatan kulit, mulai dari pelembab hingga masker. Kandungan senyawa ini memiliki banyak manfaat, seperti mengatasi jerawat hingga mencegah masalah seperti penuaan.
 
Namun, retinol sering disalahpahami dan disalahgunakan karena bahannya yang sangat kuat. Banyak yang percaya bahwa retinol tidak dapat dicampur dengan bahan aktif lain karena potensinya yang tinggi, sementara yang lain mungkin menghindarinya karena mereka pernah mendengar tentang efek yang berpotensi menyebabkan iritasi.
 
Tapi benarkah demikian? Berikut beberapa mitos seputar retinol yang perlu Anda ketahui, melansir Instyle, Rabu (27/10/2021).

Mitos 1: Retinol mengelupas kulit Anda

Yang benar adalah retinol dan pengelupasan kulit serupa, tetapi retinol tidak mengelupas kulit. Marisa Garshick, dokter kulit bersertifikat, mengatakan, retinol membantu mengatur pergantian sel kulit, yang membantu mencegah penumpukan sel kulit mati.
 
“Tidak seperti pengelupasan kulit tradisional, retinoid tidak merusak ikatan yang menyatukan sel-sel kulit mati,” jelas Garshick. Jadi, walaupun hasilnya serupa dalam hal dapat mengurangi sel-sel permukaan kulit mati, fungsi retinol berbeda dari exfoliator.
 
Penelitian juga menunjukkan bahwa retinol meningkatkan produksi kolagen (yang merupakan protein yang memberikan kekencangan kulit) dan mendorong terciptanya elastin (yang membuat kulit fleksibel  dan kencang).

Mitos 2: Anda tidak dapat mencampur retinol dengan vitamin C

Garshick menjelaskan bahwa secara historis, dianjurkan untuk menghindari pencampuran retinol dengan vitamin C karena retinol dapat menyebabkan vitamin C menjadi kurang efektif.
 
“Konon, formulasi vitamin C yang lebih baru dianggap lebih stabil sehingga mungkin tidak ada banyak masalah dengan pencampuran retinol dan vitamin C dalam hal kemanjuran,” katanya.
 
Studi menunjukkan bahwa menggunakan keduanya bersama-sama telah mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun, kekhawatiran terbesar dengan pencampuran keduanya kurang tentang kemanjuran dan lebih banyak tentang iritasi.
 
Jadi, secara teknis, Anda dapat mencampur keduanya, namun beberapa jenis kulit mungkin menganggap kedua bahan ini mengiritasi atau menyebabkan sensitivitas, itulah sebabnya disarankan untuk melakukan rotasi.
 
Jika ingin bermain aman, dokter kulit bersertifikat dan pendiri SLMD Skin care, Dr. Sandra Lee, menyarankan untuk menggunakan vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari, atau bergantian di malam hari, jika Anda tahu Anda adalah seseorang dengan jenis kulit sensitif dan ingin menghindari potensi iritasi.

Mitos 3: Retinol menyebabkan sensitivitas matahari

Menurut Dr. Hadley King, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, alasan banyak orang percaya mitos ini benar adalah karena retinol sering diinstruksikan untuk digunakan hanya pada malam hari.  
 
“Ini karena retinoid sering terdegradasi oleh sinar matahari, yang membuatnya kurang efektif, bukan karena menyebabkan sensitivitas matahari,” kata King.
 
Pada awal memulai retinol, Anda mungkin mengalami kepekaan ekstra terhadap matahari, tetapi hanya karena itu adalah bahan yang kuat, dan ini tidak selalu terjadi pada semua orang. Namun, setelah beberapa bulan penggunaan retinol, respons kulit terhadap radiasi UV kembali normal.

Mitos 4: Retinol membuat kulit Anda menipis

Alasan orang mungkin percaya retinol menipiskan kulit adalah karena beberapa orang mengalami pengelupasan saat pertama kali menggunakan retinoid, dan kulit mungkin tampak lebih tipis karena sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit dihilangkan. Namun, yang terjadi adalah sebaliknya.
 
“Retinoid merangsang produksi kolagen, dan mereka benar-benar membantu membuat kulit lebih tebal, yang sangat bagus karena kulit sering menipis seiring bertambahnya usia dan kerusakan akibat sinar matahari,” kata King.

Mitos 5: Anda tidak dapat menggunakan retinol di area bawah mata

Kulit di sekitar mata adalah kulit paling halus di wajah, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengaplikasikan retinol di sana.  Ada formulasi retinol khusus untuk mata. Kuncinya adalah mencari produk yang mengandung bahan-bahan bergizi dan memulainya secara perlahan.
 
“Jika Anda mengalami banyak iritasi, ulangi dan coba aplikasikan setiap malam. Dan selalu pakai tabir surya,” kata Lee.

Mitos 6: Semua retinol dibuat sama dan digunakan untuk tujuan yang sama

Retinol adalah istilah umum, yang terdiri dari retinoid, Retin-A, adapalene, dan sebagainya. Meskipun semuanya berfungsi sama dan dapat memberikan hasil yang serupa, mereka memiliki perbedaan.
 
Retinoid adalah istilah umum yang digunakan untuk kelas khusus turunan vitamin A. Ini termasuk retinol, yang dijual bebas dalam serum dan krim, untuk mengatasi kondisi kulit yang lebih ringan termasuk jerawat, hiperpigmentasi, dan garis-garis halus. Karena itu yang paling tidak kuat dari kelompoknya, dibutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan tugasnya, tetapi masih sangat efektif dan menyebabkan iritasi awal yang lebih sedikit.
 
Lalu, ada versi retinol yang lebih kuat, yang menurut Garshick biasanya diresepkan untuk jerawat parah dan jaringan parut. Misalnya, tretinoin, juga dikenal sebagai Retin-A, hanya tersedia melalui resep dokter dan diresepkan untuk jerawat sedang serta hiperpigmentasi yang lebih jelas dan tanda-tanda penuaan lainnya, jelas Lee.
 
Dia juga menyebutkan bahwa karena lebih kuat, Anda cenderung mengalami lebih banyak kemerahan dan pengelupasan saat pertama kali menggunakannya, tetapi dengan hasil yang lebih cepat. Untuk mengetahui pilihan mana yang terbaik untuk Anda, konsultasikan dengan dokter kulit Anda sebelum memasukkan retinol ke dalam rutinitas Anda.

Mitos 7: Anda akan mengalami efek samping seperti iritasi

Anda mungkin sering mendengar bahwa memulai retinol dapat (dan kemungkinan besar akan) menyebabkan iritasi, pengelupasan, kering, dan banyak lagi. Seperti semua hal dengan perawatan kulit, kulit dan reaksi setiap orang terhadap bahan berbeda. Beberapa mungkin mengalami iritasi, sementara yang lain tidak. Ini semua tentang memperhatikan kulit Anda dan melakukan apa yang dibutuhkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro