Sel kanker/Istimewa
Health

13 Makanan Ini Bisa Menurunkan Risiko Kanker

Annasa Rizki
Jumat, 29 Oktober 2021 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semua makanan memberikan efek berbeda pada tubuh, ada yang memberikan Kesehatan atau malah membuat sakit. 

Berbagai masalah kesehatan dapat muncul mengonsumsi makanan tertentu dengan jumlah yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Risiko penyakit yang sering muncul dan dipengaruhi makanan adalah jantung, diabetes, dan kanker. 

Berikut ini 13 makanan yang dapat menurunkan risiko kanker melansir dari Healthline, Jumat (29/10/2021). 

  1. Brokoli 

Brokoli mengandung sulforaphane, yaitu senyawa yang dapat mematikan sel tumor dan kanker. Hal ini telah terbukti secara lab dan telah diuji pada hewan. Konsumsi beragam sayuran dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. 

  1. Wortel

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mengonsumsi wortel dapat menurunkan risiko kanker prostat, paru-paru, kanker lambung.

  1. Buncis 

Buncis mengandung tinggi serat dan membantu dalam mencegah kanker kolorektal.

  1. Beri 

Berbagai jenis beri kaya akan antioksidan. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan memiliki peran dalam melawan radikal bebas. Beberapa jenis beri dapat menurunkan pertumbuhan dan penyebaran jenis kanker tertentu.

  1. Kayu Manis 

Kayu manis dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk kemampuan untuk mengurangi gula darah dan meredakan peradangan. Uji secara lab pada hewan menunjukkan sifat antikanker dan dapat pertumbuhan dan penyebaran tumor. 

  1. Kacang- kacangan

Jenis kacang tertentu seperti kacang Brazil kaya akan selenium, yang dapat membantu melindungi dari kanker paru-paru pada mereka yang memiliki status selenium rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro