Tenaga kesehatan tengah menyiapkan dosis vaksin Covid-19 dalam program vaksinasi yang diselenggarakan di Bandung./Istimewa
Health

Ikatan Dokter Anak Beri Rekomendasi untuk Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Newswire
Kamis, 4 November 2021 - 10:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan rekomendasi pembaruan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas.

Hal tersebut untuk merespons Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM yang telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 merek Sinovac bagi anak berusia 6-11 tahun. 

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso mengatakan rekomendasi terbaru ini terbit karena anak juga dapat tertular dan menularkan virus corona dari dan ke orang dewasa di sekitarnya.

"Anak dapat tertular dan menularkan Covid-19 dari dan kepada orang tua, orang lain yang tinggal serumah, orang yang datang ke rumah, teman atau guru di sekolah pada pembelajaran tatap muka, walau tanpa gejala," kata Pimprim, dikutip dari tempo.co, Kamis (4/11/2021).

Selain itu, dia melanjutkan, sejumlah laporan hasil pembelajaran tatap muka di beberapa negara dunia menunjukkan terjadi peningkatan kasus rawat inap pasien anak dengan Covid-19. Data Satuan Tugas Covid-19 Nasional per 1 November 2021, proporsi kasus anak terinfeksi virus Corona sebesar 13 persen.

"Maka, Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan pemberian imunisasi Covid-19 Coronavac kepada anak usia 6 tahun ke atas," katanya.

Vaksinasi Covid-19 ini tidak direkomendasikan bagi anak yang memiliki atau mengalami kontraindikasi.

Beberapa kontraindikasi yang dimaksud Piprim antara lain, mengidap penyakit autoimun tidak terkontrol, penyakit Sindrom Gullian Barre, mielitis transversa, acute demyelinating encephalomyelitis, anak yang mengidap kanker dan sedang menjalani kemoterapi atau radioterapi, dan lainnya.

"Kami juga memberikan catatan bahwa imunisasi untuk anak dengan kanker dalam fase pemeliharaan, penyakit kronis atau autoimun yang terkontrol dapat mengikuti panduan imunisasi umum dengan berkonsultasi dulu dengan dokter penanggung jawab pasien," ujarnya.

IDAI juga mengingatkan tetap disiplin protokol kesehatan selama vaksinasi berlangsung.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro