Ilustrasi penderita prostat/Istimewa
Health

3 Makanan Ini Bisa Cegah dan Atasi Kanker Prostat

Aliftya Amarilisya
Kamis, 4 November 2021 - 16:24
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Kanker prostat adalah kanker berkembang di dalam kelenjar prostat. Umumnya penyakit yang satu ini ditandai dengan gangguan kencing dan nyeri pada tulang.

Memang belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kanker ini. Namun, ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker prostat, di antaranya obesitas, kurang serat, pertambahan usia, dan memiliki anggota keluarga yang pernah menderita kanker prostat.

Nah, lalu bagaimana cara mencegah atau menurunkan risiko terserang kanker prostat ini?

Selain rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, Anda juga diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Dikutip dari laman prostat.org.nz, berikut sederet makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan prostat dan mengatasi kanker prostat.

1. Tomat Merah

Tomat mengandung kalsium, karoten, thiamin, asam askorbat, fosfor, zat besi, dan lycopene. Nah, lycopene ini bermanfaat untuk memperlambat perkembangan kanker prostat, serta memperlambat pembesaran prostat itu sendiri.

2. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane. Sebuah riset dari Texas A&M Health Science Center menunjukkan bahwa jenis senyawa itu bermanfaat untuk mengobati bentuk lanjut dari kanker prostat.

3. Delima

Buah yang satu ini juga dapat membantu menghambat perkembangan kanker prostat. Sebuah artikel dalam jurnal American Urological Association pada menyebut, pria yang rutin minum jus buah delima mengalami pertumbuhan antigen spesifik prostat sebesar empat kali lipat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro