Usus buntu/istimewa
Health

Gejala Usus Buntu Mengalami Peradangan dan Komplikasinya

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 5 November 2021 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Radang usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada kantong berbentuk jari yang menonjol dari usus besar Anda di sisi kanan bawah perut Anda.

Apendisitis menyebabkan rasa sakit di perut kanan bawah Anda. Namun, pada kebanyakan orang, rasa sakit dimulai di sekitar pusar dan kemudian bergerak ke hampir seluruh perut. Saat peradangan memburuk, nyeri usus buntu biasanya meningkat dan akhirnya menjadi parah.

Meskipun siapa pun dapat mengembangkan radang usus buntu, paling sering terjadi pada orang berusia antara 10 dan 30 tahun. Perawatan standar adalah operasi pengangkatan usus buntu. Demikian dilansir dari Healthline.

Tanda dan gejala radang usus buntu mungkin termasuk:

1. Nyeri tiba-tiba yang dimulai di sisi kanan perut bagian bawah
2. Nyeri tiba-tiba yang dimulai di sekitar pusar dan sering berpindah ke perut kanan bawah
3. Rasa sakit yang memburuk jika Anda batuk, berjalan atau melakukan gerakan menggelegar lainnya
4. Mual dan muntah
5. Kehilangan selera makan
6. Demam ringan yang dapat memburuk seiring perkembangan penyakit
7. Sembelit atau diare
8. Perut kembung
9. Perut kembung

Lokasi rasa sakit Anda dapat bervariasi, tergantung pada usia dan posisi usus buntu Anda. Saat Anda hamil, rasa sakit mungkin tampak berasal dari perut bagian atas karena usus buntu Anda lebih tinggi selama kehamilan.

Buat janji dengan dokter jika Anda atau anak Anda memiliki tanda atau gejala yang mengkhawatirkan. Sakit perut yang parah membutuhkan perhatian medis segera.

Penyumbatan pada lapisan usus buntu yang mengakibatkan infeksi adalah kemungkinan penyebab radang usus buntu. Bakteri berkembang biak dengan cepat, menyebabkan usus buntu menjadi meradang, bengkak dan berisi nanah. Jika tidak segera diobati, usus buntu bisa pecah.

Apendisitis dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti:

Apendiks yang pecah. Pecahnya menyebarkan infeksi ke seluruh perut Anda (peritonitis). Mungkin mengancam jiwa, kondisi ini memerlukan pembedahan segera untuk mengangkat usus buntu dan membersihkan rongga perut Anda.

Kantong nanah yang terbentuk di perut. Jika usus buntu Anda pecah, Anda dapat mengembangkan kantong infeksi (abses). Dalam kebanyakan kasus, ahli bedah mengeringkan abses dengan menempatkan tabung melalui dinding perut Anda ke dalam abses. Tabung dibiarkan di tempat selama sekitar dua minggu, dan Anda diberi antibiotik untuk membersihkan infeksi.

Setelah infeksi sembuh, Anda akan menjalani operasi untuk mengangkat usus buntu. Dalam beberapa kasus, abses dikeringkan, dan usus buntu segera diangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro