Daging merah berprotein/boldsky.com
Health

Tips Detoksifikasi Tubuh Jika Kebanyakan Makan Makanan Manis

Ni Luh Anggela
Senin, 8 November 2021 - 23:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makanan manis seperti cokelat, permen hingga es krim sering kali berada dalam daftar teratas untuk menaikkan mood atau sekedar menjadi camilan pengisi kebosanan. Sebenarnya, tidak masalah jika Anda mengonsumsi makanan manis, tapi jika berlebihan, itu dapat mendatangkan masalah kesehatan.
 
Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis biasanya memberikan efek samping setelahnya seperti merasa tidak enak badan, kembung hingga sembelit. Sementara, jika dikonsumsi dalam waktu yang lama dan berlebihan, ini dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung.

Untuk terlepas dari kondisi kembung atau sembelit sesudah makan makanan manis berlebih, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendetoksifikasi kelebihan gula dalam tubuh Anda, melansir Times of India, Senin (8/11/2021).

1. Hindari gula tambahan

Sebelumnya, Anda telah mendapatkan cukup banyak gula, entah dari permen atau makanan olahan. Sekarang saatnya untuk menghindari makan dan makanan sarat gula selama dua minggu. Makanan dengan gula tambahan termasuk roti, permen, soda, kue hingga biskuit.

2. Minum air lemon hangat

Cobalah untuk memulai hari Anda dengan minum air lemon hangat untuk membantu detoks tubuh dengan cepat. Ini juga akan membantu dalam penurunan berat badan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Pastikan diri Anda selalu terhidrasi

Kita dianjurkan untuk setidaknya minum 8 hingga 9 gelas setiap harinya. Tetap terhidrasi dengan memiliki jumlah cairan yang cukup akan membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat dan urin.

4. Hindari makan daging

Pilih pola makan nabati daripada daging merah yang sulit dicerna. Pastikan untuk menjaga makanan Anda tetap ‘ringan’ selama satu minggu, untuk mengurangi tekanan pada pencernaan Anda.

5. Tambahkan serat dalam makanan Anda

Serat dikenal baik bagi kesehatan, termasuk membantu detoksifikasi tubuh. Menambahkan serat ke dalam makanan Anda dapat membantu menghilangkan racun yang menempel di dinding usus. Bingung dengan pilihan serat yang perlu Anda tambahkan ke makanan Anda? Wortel, mentimun, salad, kecambah dan sayuran hijau bisa menjadi pilihan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro