Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beragam Inovasi di Bidang Pendidikan, dari Magang hingga Festival

Program pendampingan pemuda ini merupakan kolaborasi lintas pertama antara akademisi, bisnis, dan sektor LSM di Indonesia
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 November 2021  |  18:01 WIB
Pendidikan
Pendidikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Beragam cara dilakukan untuk menunjukkan inovasi di bidang pendidikan terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Semisal yang dilakukan oleh Bina Nusantara yang menggelar festival dan juga Sompo Insurance Indonesia yang rutin mengadakan magang untuk mahasiswa.

PT Sompo Insurance Indonesia hari ini merayakan kelulusan 20 mahasiswa yang telah menyelesaikan Program Magang Pembelajaran LSM Sompo di tahun ke-empatnya. Acara berisi sorotan pencapaian para mahasiswa magang, beragam upaya, dan kontribusi yang mereka lakukan terhadap isu-isu terkait lingkungan di Indonesia. Perusahaan pada acara tersebut juga mengumumkan peluncuran Sompo Alumni Idea Fund; bertujuan untuk mendukung ide dan kegiatan di luar program magang saat ini.

Diluncurkan pada tahun 2019, bekerja sama dengan Sompo Environment Foundation, program pendampingan pemuda ini merupakan kolaborasi lintas pertama antara akademisi, bisnis, dan sektor LSM di Indonesia, menawarkan kesempatan kepada para mahasiswa untuk memperdalam pemahaman mereka terkait isu lingkungan.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dalam keberlanjutan dan berperan sebagai ajang bertukar pemikiran dan kepemimpinan bagi para pemuda dan mentornya dalam mempercepat inovasi keberlanjutan di Indonesia.

“Kami terus meningkatkan program untuk memastikan mahasiswa mendapatkan pembelajaran terbaik dari program ini. Tidak ada usaha yang terlalu kecil, dan tidak ada yang terlalu muda dalam mengambil aksi untuk lingkungan. Semuanya ada di tangan kita untuk beraksi sekarang dan bersama-sama untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Oleh karena itu, sangat wajar jika kami meluncurkan Sompo Alumni Idea Fund, untuk membantu para mahasiswa mewujudkan ide mereka menjadi kenyataan,” kata Eric Nemitz, Presiden Direktur PT Sompo Insurance Indonesia.

Jo Kumala Dewi, Direktur Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan, program Magang Pembelajaran LSM Sompo adalah program yang bermakna untuk menyatukan berbagai mitra, yang secara alami sangat bersemangat memerangi perubahan iklim.

Sementara itu, dalam merayakan 40 tahun kehadirannya, Bina Nusantata menampilkan berbagai karya, inovasi, maupun kolaborasi berdampak yang dirasakan dan bermanfaat kepada masyarakat dalam Empowering Festival; Selebrasi 40 Tahun Bina Nusantara.

Ketua Yayasan Bina Nusantara Bernard Gunawan menceritakan perjalanan dan semangat awal para pendiri yang diteruskan hingga kini “Semangat membina dan memberdayakan itulah yang menjadi landasan bagi BINA NUSANTARA untuk dapat memberikan dampak yang berkesinambungan.

Empowering Festival menghadirkan pameran virtual dengan lebih dari 160 virtual booth yang akan menampilkan hasil riset, UMKM Binaan, seminar, workshop, dan lainnya.

Seremoni Pembukaan Empowering Festival memiliki agenda utama yaitu diskusi yang menghadirkan narasumber BINUSIAN yang melakukan kegiatan berdampak serta masyarakat yang mendapat manfaat dari kegiatan yang dilakukan oleh para BINUSIAN tersebut, seperti dari Perwakilan Desa Pasir Mulia, Bandung; Desa Segaran, Karawang; UMKM Binaan, hingga Perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Sawah Besar.

Sesi diskusi ditutup dengan closing remaks yang disampaikan oleh Bapak Stephen Wahyudi Santoso, Chief Operating Officer BINA NUSANTARA yang menyampaikan ucapan syukur, menghargai, dan berkomitmen atas karya, inovasi, maupun kolaborasi dalam kontribusi BINA NUSANTARA membina dan memberdayakan masyarakat. Dalam kesempatan itu juga Beliau memperkenalkan buku “Forty Years Journey of Fostering & Empowering Indonesia” sebagai rangkuman perjalanan BINA NUSANTARA selama 40 tahun.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inovasi pendidikan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top