Ilustrasi hipertensi/istimewa
Health

Hipertensi Tidak Diobati? 5 Hal Ini Bisa Terjadi pada Tubuh Anda

Ni Luh Anggela
Rabu, 10 November 2021 - 20:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hipertensi umumnya tidak menunjukkan gejala apapun, hingga tekanan darahnya menjadi terlalu tinggi dan membahayakan nyawa. Inilah mengapa hipertensi dijuluki sebagai silent killer.
 
Ada banyak faktor risiko yang menyebabkan hipertensi. Usia dan genetik adalah dua faktor penyebab hipertensi yang tidak bisa dihindari, tetapi faktor lain masih bisa Anda cegah. Menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat, rutin berolahraga, makan makanan sehat, mengurangi stres, mengurangi natrium hingga minum obat yang diresepkan oleh dokter adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola dan mengobati hipertensi.
 
Hanya karena tidak menunjukkan gejala, bukan berarti tekanan darah Anda sedang baik-baik saja. Itulah sebabnya sangat penting untuk rutin memeriksakan tekanan darah Anda, entah itu secara mandiri ataupun datang ke dokter.
 
Apabila hipertensi tidak segera diobati, beberapa hal ini dapat terjadi pada tubuh Anda, seperti dilansir dari Live Strong, Rabu (10/11/2021).

1. Pengerasan pembuluh darah

Ketika hipertensi tidak diobati, kerusakan akan terjadi di dalam tubuh Anda, yang dimulai dengan mengerasnya pembuluh darah. Tekanan darah yang terus menerus terhadap dinding arteri dapat mengikis lapisan yang ada. Akibatnya, arteri menjadi kurang elastis dan darah menjadi sulit untuk melewatinya.
 
Padahal, pembuluh darah harus lentur sehingga bisa berkontraksi dan mengendur sesuai kebutuhan tubuh. Saat arteri menegang, tekanan darah menjadi lebih sulit diatur dan tubuh akan menaikkan tekanan darah karena berusaha mempertahankan aliran darah ke organ-organ utama.

2. Kerusakan jantung dan otak

Korosi pada pembuluh darah pada akhirnya menyebabkan kerusakan organ karena organ tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen. Otak, jantung dan ginjal adalah organ yang paling sensitif terhadap tekanan darah. Apabila hipertensi tidak diobati, penyakit seperti serangan jantung, arteri koroner hingga stroke bisa saja terjadi.

3. Gagal ginjal

Selain otak dan jantung, ginjal juga merupakan organ yang sensitif terhadap tekanan darah. Ginjal bergantung pada tekanan darah yang teratur, untuk memastikan mereka menyaring darah dengan tepat. Jika tekanan darah tidak teratur, Anda bisa berakhir dengan gagal ginjal.

4. Penurunan kognitif

Hipertensi juga dapat menyebabkan masalah memori dan berpikir yang terkait dengan gangguan kognitif ringan dan bahkan demensia. Menurut Mayo Clinic, hal ini terjadi karena pembuluh darah yang rusak membuat darah sulit untuk mencapai otak.

5. Efek lainnya

Efek hipertensi juga dapat meluas ke pembuluh darah yang ada di mata Anda, yang menyebabkan penglihatan kabur hingga kebutaan. Beberapa pria dan wanita juga mengalami disfungsi seksual karena tidak cukup darah yang mengalir ke area penis dan vagina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro