Berenang menjadi olahraga yang baik bagi orang tua dan lansia./Ilustrasi/Antara
Health

6 Olahraga Untuk Orang Tua dan Lansia

OK.M.Tijani Usuluddin
Kamis, 11 November 2021 - 23:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring bertambah usia, orang tua dan lansia membutuhkan olahraga yang aman dan teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengutip dari NHS, Kamis (11/11/2021), lansia banyak menghabis waktu dengan duduk atau berbaring selama 10 jam setiap hari. Kurangnya aktivitas ini, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi banyak orang tua.

Simak 6 aktivitas olahraga dan aktivitas kebugaran yang aman dan cocok bagi orang tua dan lansia:

  1. Berenang

Aktivitas berenang bisa membakar banyak kalori di tubuh lansia. Berenang juga bisa membangun lebih banyak massa otot karena tekanan yang diberikan air.

Air lebih padat 800 kali daripada udara. Ini membuat otot lansia harus bekerja lebih keras di kolam renang. Termasuk jantung dan paru-paru orang tua harus bekerja lebih keras untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh. Pekerjaan inilah yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda.

Berenang adalah aktivitas fisik yang ideal, terutama bagi penderita radang sendi. Berenang tidak menyebabkan ketegangan pada sendi, seperti saat jogging.

  1. Bersepeda

Bersepeda sangat aman bagi lansia, sebab bisa mengurangi risiko penyakit kronis, serta menjadi sarana transportasi yang baik ke toko atau ke tempat kerja.

Mengendarai sepeda bisa membakar lebih banyak kalori daripada jogging dan juga memiliki dampak yang lebih kecil pada persendian lansia, terutama lutut. 

  1. Sepak Bola Jalan Kaki

Permainan sepakbola semakin berkembang. Kini ada pertandingan sepak bola yang aman bagi lansia yakni walking football atau sepak bola jalan kaki. 

Dalam walking football, pemain sepak bola tidak boleh berlari dan ini hanya dikhususkan bagi lansia. Ini juga menjadi versi lembut dari permainan sepak bola dan cocok bagi generasi yang lebih tua.

Jika ada pemain yang  berlari, maka wasit akan membunyikan peluit, maka tim lain menerima tendangan bebas.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

    Bagikan

    Artikel Terkait

    Berita Lainnya

    Berita Terkini

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Terpopuler

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Rekomendasi Kami

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro