Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021, Rabu (10/11/2021) malam, di Jakarta Convention Center, Senayan, DKI Jakarta. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Entertainment

FFI 2021, Jokowi Bangga Sineas Indonesia Menangi Festival Film Dunia

Aprianus Doni Tolok
Kamis, 11 November 2021 - 09:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021, Rabu (10/11/2021) malam, di Jakarta Convention Center, Senayan, DKI Jakarta.

Jokowi mengungkapkan apresiasinya untuk Usmar Ismail, yang telah memprakarsai penyelenggaraan FFI bersama Djamaluddin Malik, 66 tahun silam.

“Pagi tadi, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara, saya menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail. Bapak Perfilman Indonesia,” katanya dikutip dari laman Setpres, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, semangat Usmar Ismail dan para pahlawan pejuang kebudayaan harus terus dijaga dengan menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukkan keunggulan dan karakter jati diri bangsa.

Presiden mengapresiasi para insan perfilman nasional yang meraih prestasi di dunia film internasional, walaupun pada masa pandemi Covid-19.

“Saya bangga, pada masa pandemi, industri film Indonesia meraih banyak prestasi yang gemilang di dunia film internasional. Prestasi yang mengungguli negara-negara lain di Asia tenggara,” ujarnya.

Jokowi menyampaikan rasa kagum atas karya-karya yang dihasilkan oleh para sineas nasional seperti film dokumenter panjang ‘Invisible Hopes’ karya Lamtiar Simorangkir.

Jokowi pun sangat mengapresiasi empat film Indonesia yang telah memenangkan penghargaan tertinggi di festival-festival film terbaik dunia, di antaranya Edwin melalui karya ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’, yang menjadi pemenang Golden Leopard di Locarno Film Festival dan Kamila Andini melalui karya ‘Yuni’ yang memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival.

Lalu, Tumpal Tampubolon melalui karya ‘Laut Memanggilku’, yang memenangkan Sonje Award di Busan International Film Festival dan Monica Tedja melalui karya ‘Dear to Me’, yang memenangkan Junior Jury Award-Special Mention Open Doors Shorts di Locarno Film Festival.

Presiden Jokowi berharap agar para sineas, aktor, aktris, dan seluruh stakeholder perfilman Indonesia terus memupuk mimpi besar, menguatkan kolaborasi dengan pusat-pusat perfilman dunia, serta menggali dan mengangkat cerita unik, juga talenta-talenta hebat.

“Terakhir, saya ucapkan selamat kepada para peraih Piala Citra dalam ajang FFI tahun 2021. Semoga raihan prestasi ini menginspirasi karya-karya yang lebih baik di masa yang akan datang,” katanya.

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2021 didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemdikbudristekdikti) dan Badan Perfilman Indonesia (BPI).

Hadir pula dalam acara tersebut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendididkan Tinggi (Mendikbudristekdikti) Nadiem Anwar Makarim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro