Zinc
Health

Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Ketika Anda Kena Demam Berdarah

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 12 November 2021 - 17:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di musim hujan, masyarakat dihantui dengan adanya kasus demam berdarah.

Jika tidak diobati tepat waktu, demam berdarah bisa berakibat fatal. Demam berdarah dapat menyebabkan menggigil, demam, kehilangan nafsu makan, sakit tubuh yang parah, muntah, gatal-gatal pada kulit dan sakit kepala.

Belum ada pengobatan untuk demam berdarah, hanya gejala yang diobati.

Seseorang harus mengikuti saran dokter mereka untuk pulih lebih cepat.

Salah satu masalah utama yang dihadapi orang selama demam berdarah adalah jumlah trombosit yang rendah, yang bahkan dalam beberapa kasus berakibat fatal, jika tidak ditangani tepat waktu.

Selain menjaga kebersihan, jika Anda didiagnosa mengalami DBD, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan seperti dilansir dari Times of India berikut ini agar menaikkan trombosit Anda:

1. Ekstrak daun pepaya

Ekstrak daun pepaya dikatakan dapat meningkatkan trombosit secara drastis. Anda juga dapat minum pil tingkat farmasi. Tapi daun segar selalu merupakan pilihan yang lebih baik.

2. Vitamin C

Kita semua telah berkali-kali mendengar bahwa vitamin C bekerja sangat baik dalam meningkatkan kekebalan. Konsumsi makanan seperti amla, lemon, jeruk, nanas untuk meningkatkan kekebalan Anda.

3. Zinc

Zinc membantu dalam mengatasi demam. Anda dapat memiliki makanan kaya seng atau juga memilih tablet seng yang mudah tersedia di pasaran.

4. Asam folat dan vitamin B12

Vitamin B12 dan asam folat memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan yang sehat dari sistem kekebalan tubuh. Tingkat asam folat dan vitamin B12 yang tidak memadai dapat secara drastis mengubah respons imun.

5. Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif. Peran zat besi dalam imunitas diperlukan untuk proliferasi dan maturasi sel imun, terutama limfosit yang berhubungan dengan pembentukan respon spesifik terhadap infeksi.

6. Susu sapi

Memiliki susu sapi dan memiliki cranberry dalam bentuk apapun.

Apa yang harus dihindari?

1. Jangan lupa untuk menghidrasi diri sendiri. Minum air putih setiap hari yang banyak.

2. Jangan mengkonsumsi alkohol.

3. Tidak memiliki makanan berminyak, makanan olahan, gorengan, kafein, minuman berkarbonasi, makanan pedas dan makanan berlemak tinggi untuk pulih lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro