Jerawat menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin/ilustsrasi
Health

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dari Wajah

Novita Sari Simamora
Senin, 15 November 2021 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Segala jenis kekurangan vitamin bagi tubuh, bisa berbahaya bagi tubuh. Penuhilah kebutuhan vitamin, agar tubuh bisa beraktivitas dengan baik dan mampu  untuk melakukan berbagai kegiatan.

Mengutip dari Pink Villa, Senin (15/11/2021), diet sangat berpengaruh pada kecukupan vitamin di dalam tubuh. Simak tanda tubuh kekurangan  vitamin.

1. Kulit berjerawat dan kering

Jerawat dan kulit kering bisa menjadi tanda dari perubahan hormonal. Ini juga bisa menjadi konsekuensi dari akumulasi kotoran dan kuman.

Namun, jika Anda kekurangan vitamin tertentu, perubahan pada kulit menjadi pertanda. Tingkat kekurangan vitamin A dan E dapat menyebabkan pembentukan jerawat di wajah Anda, sedangkan kekurangan vitamin B12 bisa membuat kulit lebih pucat.

2. Gusi berdarah

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan kita. Salah satu tanda yang harus diwaspadai adalah gusi berdarah, yang juga dikenal sebagai 'scurvy'. Gejala lain kekurangan vitamin C adalah mudah memar, pendarahan dan nyeri sendi dan otot.

Untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh, maka makanlah banyak buah jeruk seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali.

3. Bibir pucat

Memiliki bibir yang pucat dan berubah warna bisa menjadi tanda dari banyak penyakit. Namun, gejala ini seringkali dikaitkan dengan anemia, karena rendahnya kadar sel darah merah dalam tubuh.

Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh menyebabkan kurangnya jumlah sel darah merah, sehingga sulit untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Oleh karena, kondisi ini bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit dan bibir. Selain itu, kekurangan zat besi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

4. Mata bengkak dan sembab

Alergi makanan dapat menyebabkan mata membengkak. Namun jika lebih sering dan terjadi setiap bangun tidur di pagi hari, bisa jadi itu pertanda kadar yodium rendah dalam tubuh. Kekurangan yodium juga menyebabkan penyakit tiroid, yang seringkali dapat menyebabkan kelelahan dan penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro