Cokelat/playbuzz.com
Health

Cokelat, Kopi dan Wine, Baik atau Buruk untuk Jantung?

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 21 November 2021 - 13:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Editor European Heart Journal Prof Thomas Lüscher telah memberikan penilaiannya pada salah satu pertanyaan penelitian kesehatan jantung yang paling sering diajukan: apakah anggur, cokelat, dan kopi baik atau buruk bagi Anda?

Menurutnya, jawabannya adalah "lebih kompleks daripada ya atau tidak yang sederhana".

Lüscher juga memperingatkan bahwa bukti harus dianggap "serius", mengingat sejumlah besar orang di seluruh dunia yang secara teratur menikmati secangkir kopi, segelas anggur atau sepotong cokelat. Ada pro dan kontra untuk masing-masing minuman ini. efeknya, dapat berbeda tergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak masing-masing dikonsumsi, serta oleh siapa.

Dilansir dari Guardian, Lüscher, yang telah menerbitkan sendiri secara ekstensif dengan lebih dari 500 makalah penelitian, lebih dari 200 ulasan dan bab buku tentang pengobatan kardiovaskular, mengatakan terlepas dari minat yang kuat pada manfaat atau manfaat kopi, anggur, dan cokelat untuk kesehatan, masih banyak yang belum diketahui.

“Dosis optimal cokelat, yaitu dark, chocolate pahit, tidak diketahui karena belum diselidiki dengan benar.” Bahan cokelat yang paling bermanfaat adalah flavanol, katanya, yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi peradangan. Namun dia menambahkan: “Penting bahwa cokelat mengandung sedikit gula dan lemak, yang jelas tidak sehat. Secara khusus, cokelat putih sama sekali tidak sehat.”

Lüscher memperingatkan bahwa sementara bertahun-tahun yang lalu cokelat dianggap sebagai "kegembiraan yang langka", ketersediaannya yang mudah saat ini telah berkontribusi pada "epidemi obesitas". Dia menambahkan: "Saya sendiri, saya bukan pemakan cokelat, tetapi saya cukup sering mendapatkannya dari pasien."

Lüscher minum beberapa espresso sehari, dan meskipun dia sangat menyukai “anggur merah yang enak”, dia baru-baru ini mengurangi asupannya dan sekarang hanya menikmati satu atau dua gelas di akhir pekan.

Prof Tim Chico, seorang profesor kedokteran kardiovaskular dan ahli jantung konsultan kehormatan di University of Sheffield, mengatakan dia setuju dengan Lüscher "bahwa bukti menunjukkan kopi dan coklat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang sedikit lebih rendah, sementara alkohol tidak".

Prof Paul Leeson, seorang profesor kedokteran kardiovaskular di Universitas Oxford, mengatakan anggur, cokelat, dan kopi akan tidak berdampak buruk bagi kardiovaskular.

Sementara itu, Tracy Parker, ahli gizi senior di British Heart Foundation, mengatakan untuk menjaga kesehatan jantung Anda, gaya hidup sehat adalah yang paling penting daripada seberapa banyak kopi, cokelat, atau alkohol yang Anda konsumsi. Itu berarti berolahraga secara teratur, berhenti merokok dan makan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro