Ilustrasi asam lambung naik/Istimewa
Health

5 Cara Atasi Asam Lambung yang Direkomendasikan Dokter

Newswire
Minggu, 21 November 2021 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Munculnya rasa terbakar di dada atau heartburn akibat asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan tentu membuat tak nyaman sekaligus menyakitkan. Lalu, bagaimana cara mengatasi asam lambung ini jika sewaktu-waktu muncul?

Ahli gastroenterologi David Poppers yang mana juga merupakan profesor di departemen kedokteran di NYU Grossman School of Medicine mengatakan bahwa obat terbaik untuk sakit maag adalah berlatih tidak berlebihan saat makan, terutama jika menyangkut makanan pemicu asam lambung.

Namun, jika ia sudah telanjur muncul, maka berikut adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan agar kondisi Anda segera kembali pulih.

1. Konsumsi obat jangka pendek

Untuk meredakan gejala, Anda bisa membeli antasida yang dijual bebas di apotek. Obat tersebut bisa menetralkan asam yang diproduksi dalam tubuh.

2. Makan buah

Ahli gastroenterologi, Amir Masoud, mengatakan bahwa buah bisa menjadi alternatif untuk meredakan gejala. Ia menuturkan, adapun buah yang dianjurkan adalah buah tinggi pektin, seperti apel atau pir.

"Ini mencegah makan berlebihan, menyerap asam, dan membentuk lapisan gel di atasnya," jelasnya.

3. Tegakkan tubuh

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memerangi mulas adalah menghindari berbaring selama sekitar dua sampai tiga jam setelah makan.

"Saat berbaring, Anda tidak memiliki gravitasi yang membantu [untuk menjaga asam di perut], dan Anda lebih mungkin mengalami refluks," kata Bruce D. Greenwald, profesor di divisi gastroenterologi dan hepatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, dikutip dari Livestrong.

4. Makan dalam porsi kecil

Untuk penderita maag dan GERD, lebih baik makan dalam porsi kecil, tetapi sering. Sebaliknya, Anda tidak dianjurkan makan dalam porsi besar dan tidak teratur.

5. Minum obat PPI

Proton pump inhibitor atau PPI adalah obat yang menghambat pengeluaran asam lambung.

"Menggunakan PPI untuk waktu yang singkat dapat bikin lega lebih lama," kata Greenwald.

Namun, jika Anda sering mengalami heartburn akibat asam lambung, yakni tiga kali atau lebih per minggu atau mengalaminya di malam hari dengan kesulitan menelan, maka itu adalah tanda bahaya. Segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro