Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diet Tepat untuk Penderita PCOS, Cocok untuk Program Hamil

Simak diet yang tepat untuk penderita PCOS. Cocok dilakukan untuk Anda yang sedang program hamil seperti dikutip dari Times of India, Senin (22/11/2021).
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 22 November 2021  |  14:42 WIB
Ilustrasi perempuan mengalami PCOS - Freepik.com
Ilustrasi perempuan mengalami PCOS - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Polycystic Ovarium Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik menjadi kondisi umum yang terjadi pada 1 dari 5 wanita di dunia. Simak diet tepat untuk penderita PCOS. Cocok bagi Anda yang sedang program hamil.

Gejala umum dari sindrom PCOS bisa terlihat dari siklus menstruasi tidak teratur, tumbuh rambut, dan berat badan yang sering naik turun.

Penyebab utama terjadinya sindrom PCOS, yaitu gangguan hormon yang ditandai dengan meningkatnya androgen. Olahraga memang dapat membantu penderita PCOS menjaga berat badan, stamina, dan kondisi hormon, namun makanan yang dikonsumsi juga turut ambil peran.

Beberapa wanita mungkin ada yang diet karbo, protein, dan produk susu serta olahannya. Meski demikian, diet jenis apa yang paling tepat dalam mengatasi PCOS dan mengurangi gejalanya?

Dilansir dari Times of India, ketika Anda menderita PCOS sebaiknya jangan langsung melakukan diet pada makanan tertentu.

Pertama-tama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu gejala yang diderita. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis PCOS yang Anda alami, kemudian menganalisis masalah utamanya dan menanganinya dengan cara yang tepat.

Diet restriktif dapat disebut sebagai diet yang berfokus pada pembatasan konsumsi satu atau dua kelompok makanan sekaligus. Jenis diet ini tidak menangani masalah mendasar sehingga tidak benar-benar membantu menjaga PCOS tetap terkendali.

Beberapa perubahan pola makan lainnya, misalnya bebas gluten dan produk susu juga merupakan pilihan populer yang terbukti mengurangi gejala PCOS. Sayangnya, diet ini tidak dapat dilakukan oleh semua penderita PCOS, mengingat berbedanya keadaan setiap orang.

Simak diet yang tepat sehingga dapat melawan dan mengelola gejala PCOS serta cocok dilakukan untuk Anda yang sedang program hamil seperti dikutip dari Times of India, Senin (22/11/2021). Salah staunya mengonsumsi makanan dengan ketentuan berikut ini:

1. Harus berkelanjutan dan dapat diikuti dalam waktu lama
2. Memasangkan kelompok makanan dengan baik (karbohidrat dengan protein)
3. Mendukung fungsi hormonal
4. Meningkatkan aliran darah dan hemoglobin
5. Menstabilkan kadar gula darah

1 dari 1 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil tips sehat diet menstruasi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top