Work from home/ilustrasi
Health

Transisi WFH ke WFO, Simak Tips Jaga Kebugaran Tubuh

Newswire
Selasa, 23 November 2021 - 15:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Transisi bekerja dari rumah (work from home/WFH) menuju bekerja di kantor (work from office/WFO) selama hampir dua tahun pandemi Covid-19 telah menciptakan kendala tersendiri bagi sebagian orang.

WFH menciptakan kebiasaan baru yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari kaum pekerja, misalnya waktu bangun tidur, pola makan, jam kerja hingga waktu interaksi bersama keluarga.

Sebaliknya, WFO memberikan tantangan baru karena pekerja harus kembali pada rutinintas yang melibatkan banyak energi, yakni bangun lebih awal, menembus kemacetan lalu lintas, mengatur ulang pengeluaran untuk transportasi dan makan di luar rumah, hingga waktu makan dan istirahat yang berubah.

Jika WFH membuat anda bisa bekerja dari balik layar, WFO menuntut lebih banyak energi untuk bergerak sehingga kondisi kesiapan fisik sangat diperlukan.

Bagi anda yang mulai menjalani WFO, simak tips singkat berikut agar lebih mudah menjalani transisi dari WFH, dilansir dari Antara, Selasa (23/11/2021):

Olahraga kembalikan kebugaran tubuh

Kebanyakan rebahan ditambah minimnya aktivitas fisik saat bekerja dari rumah (WFO) akan menghambat metabolisme tubuh yang berimbas pada menurunnya kebugaran. Kondisi akan semakin buruk apabila anda tidak mengatur pola makan sesuai jadwal, sehingga bobot tubuh menjadi tak ideal, kehilangan massa otot karena kurang gerak, bahkan berpotensi membuat jantung dan paru-paru melemah.

Hal tersebut tentunya akan menyulitkan anda untuk bergerak lincah saat beraktivitas normal, dan membuat lebih mudah merasa letih sehingga mengganggu produktivitas pekerjaan. Guna mencegah hal itu, anda perlu kembali berolahraga dengan tingkatan yang disesuaikan secara bertahap.

Melansir American College of Sports Medicine (ACMS), manusia dianjurkan berolahraga minimum 30 menit setiap harinya untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jangan cemas, 30 menit olahraga itu bisa anda siasati dengan aktivitas ringan semisal jalan cepat, jogging, atau kombinasi antara keduanya. Jika bekerja di gedung perkantoran, anda bisa memanfaatkan tangga manual untuk melatih kembali fisik secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro