Ilustrasi-nyamuk demam berdarah/Foxnews
Health

Mitos dan Fakta Seputar Demam Berdarah yang Perlu Anda Ketahui

Ni Luh Anggela
Rabu, 24 November 2021 - 18:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar daerah-daerah di Indonesia mulai memasuki musim hujan, dan biasanya saat musim hujan, kasus demam berdarah meningkat.

Mengutip Halodoc, pada musim hujan populasi Aedes aegypti akan meningkat karena telur yang belum menetas akan menetas saat habitat mereka mulai tergenang air. Akibatnya, populasi nyamuk meningkat sehingga dapat menyebabkan peningkatan penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Berikut adalah mitos dan fakta seputar demam berdarah yang perlu Anda ketahui agar tidak salah informasi.

· Apakah demam berdarah bisa menular lewat kontak fisik?

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Dokter spesialis penyakit dalam dr RA Adaninggar atau yang akrab di sapa Ning ini mengatakan bahwa manusia yang sakit demam berdarah tidak bisa menularkan virus secara langsung ke manusia lain melalui kontak fisik tanpa perantara nyamuk.

· Benarkah seseorang hanya bisa terkena demam berdarah sekali seumur hidup?

Ada 4 varian serotipe virus Dengue, yaitu DEN1, DEN2, DEN3, dan DEN4.

“Terinfeksi dengan salah satu serotipe akan menimbulkan kekebalan yang bertahan jangka panjang terhadap varian tersebut, namun tidak memberikan perlindungan terhadap infeksi varian yang berbeda,” kata dr Ning melalui akun Instagramnya, Rabu (24/11/2021).

Jadi, seseorang bisa terkena lebih dari 1 kali infeksi Dengue bahkan infeksi yang kedua, ketiga dan seterusnya dengan varian yang berbeda.

“Akan lebih hebat reaksi imunnya karena ada reaksi antibody dependent enhancement. Hati-hati dengan serangan demam berdarah kedua, dan seterusnya,” kata dr Ning.

· Apakah hanya anak-anak yang bisa terkena demam berdarah?

Semua orang dari segala usia memiliki risiko yang sama mengalami demam berdarah bila terpapar nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus Dengue.

Risiko mengalami demam berdarah yang berat lebih tinggi pada:

- Orang yang pernah sakit dengue sebelumnya

- Orang dengan sistem imun lemah seperti lansia, obesitas dan mereka yang memiliki komorbid

· Apakah demam yang disertai mimisan sudah pasti DBD?

“Demam yang disertai perdarahan bisa disebabkan oleh banyak virus, tidak hanya virus Dengue yang disebut kelompok penyakit Viral Hemorrhagic Fever dan diperantarai juga oleh hewan seperti nyamuk, kutu, tikus, monyet dan lain-lain ,” jelasnya.

Dia menambahkan, gejala umumnya sangat mirip dan sulit dibedakan. Ada beberapa pemeriksaan yang bisa membedakan tetapi pengobatannya relatif sama.

“Yang penting adalah pengawasan kondisi dan deteksi dini tanda-tanda gejala berat supaya cepat tertangani dengan baik,” ungkapnya.

· Apakah fogging sudah cukup untuk mencegah penularan demam berdarah?

MEncegah penularan demam berdarah tidak cukup hanya dengan membasmi nyamuk dewasa dengan fogging tapi penting juga untuk membasmi telur dan jentik nyamuk yaitu genangan air yang seringkali menjadi sarangnya.

Selain itu, menjaga kesehatan imun dan mencegah gigitan nyamuk adalah salah satu cara untuk mencegah infeksi, misalnya dengan menggunakan obat nyamuk, tidur dengan kelambu serta menghindari tempat-tempat yang berisiko tinggi habitat nyamuk.

· Apakah demam berdarah harus dirawat di rumah sakit dan minum antibiotik?

“Demam berdarah yang disebabkan virus tidak perlu pengobatan dengan antibiotik, yang penting adalah memastikan asupan cairan dan nutrisi baik,” katanya.

Anda juga tidak harus dirawat di rumah sakit bila kondisi ringan namun pengawasan ketat harus dilakukan karena bisa terjadi perburukan setelah 3 hingga 5 hari.

Segera ke rumah sakit jika Anda:

- Mual dan muntah hebat

- Tidak bisa makan dan minum

- Demam turun tetapi kaki tangan Anda dingin atau tensi turun

- Perdarahan hebat

- Trombosit di bawah 100.000

· Benarkah minum jus jambu atau kurma bisa meningkatkan trombosit dengan cepat?

Pada demam berdarah, seiring berjalannya penyakit, trombosit memang akan turun terkait reaksi imun dan pengaruh virus secara langsung. Namun dalam 7-10 hari, sesuai konsep penyakit virus yang bisa sembuh dengan sendirinya, trombosit juga akan naik sendiri seiring dengan kesembuhan.

Dia menjelaskan, jus jambu maupun kurma belum terbukti secara ilmiah terkait dengan peningkatan trombosit yang lebih cepat pada DBD, namun keduanya mengandung banyak nutrisi berupa kalori, vitamin dan mineral sehingga dapat mendukung kecukupan nutrisi pada pasien demam berdarah dan dapat mendukung proses penyembuhan.

· Benarkah pasien demam berdarah harus minum minuman isotonik?

Pasien demam berdarah yang masih bisa makan dan minum harus tercukupi asupan cairannya yaitu sekitar 6-8 gelas per harinya. Ini bisa lebih bila ada mual dan muntah.

“Semua jenis cairan boleh dikonsumsi, namun bila ada mual dan muntah, cairan isotonik boleh dikonsumsi untuk mengganti air dan elektrolit yang hilang. Yang mual, muntah hebat dan tidak bisa makan minum mungkin sampai membutuhkan bantuan cairan infus,” jelasnya.

· Benarkah Covid sering salah didiagnosis demam berdarah dan sebaliknya?

Di era pandemi ini Covid memang harus selalu dipikirkan sebagai salah satu penyebab demam akut, sama seperti demam berdarah. Bahkan, gejalanya sangat mirip.

Lebih lanjut dr Ning menjelaskan, membedakannya dari gejala saja sangat sulit sehingga membutuhkan petunjuk lain, misalnya:

- Sakit demam yang bersamaan dengan anggota keluarga di rumah disertai gejala saluran napas, kemungkinan terinfeksi Covid.

- Ada riwayat kontak erat dengan penderita Covid, kemungkinan lebih besar Covid.

- Swab PCR/antigen Covid positif, kemungkinan besar Covid.

“Sedangkan, petunjuk tadi ditambah terdeteksinya antibodi Dengue (IgM dan atau IgG) bisa menunjukkan adanya infeksi bersamaan antara Covid dan Dengue atau hasil positif palsu antibodi Dengue, jadi penanganan dan pengawasan untuk keduanya tetap harus dilakukan supaya lebih waspada akan bahaya kondisi berat masing-masing,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro